Langsung ke konten utama

Green Green Green

Beberapa bulan ini cuaca Jakarta tidak menentu, terkadang hujan deras hingga banjir dan badai, terkadang panas menyengat, terkadang mendung gak jelas mau turun hujan atau tidak. Bukan hanya wilayah Jakarta yang dilanda cuaca tak menentu itu, wilayah lain nya pun turut mengalami cuaca tersebut. Saya pernah menonton Invicionment Truth (bener ga ya tulisannya) yang dibuat oleh Al Gore bekas kandidat calon presiden US beberapa waktu lalu. Wew, filmnya cukup menyeramkan, maksudnya bukan menyeramkan sepert horror. Tapi kebenaran yang diexpose cukup mengejutkan saya. Cuaca yang tak menentu itu disebabkan oleh Global Warming. Apaan sih Global Warming? setau saya pemanasan global terjadi karena lapisan ozon kita sudah makin menipis. Makin menipisnya ozon bumi kita dikarenakan polusi, sampah, yang kita ciptakan. Jutaan pohon ditebang setiap harinya untuk kebutuhan manusia, menyebabkan pohon yang tersisa tidak sanggup untuk menyimpan carbondioksida untuk proses masak memasak makanan sari2 tumbuh2an. Akhirnya CO2 yang tersisa banyak itu menguap keatas dan merusak lapisan ozon kita. Sampah yang kita ciptakan juga menjadi salah satu penyebab Global Warming. Sampah2 itu tidak bisa berurai/hancur dengan tanah dan menyebabkan pohon2an tidak dapa melakukan proses masak memasak sari2 tumbuh2an dengan baik. Akhirnya banyak pohon yang mati dan makin berkuranglah pohon2 kita. Sampah non organik seperti plastik, besi, kertas, tissue dsb untuk menguraikan/hancur menyatu dengan tanah dibutuhkan waktu yang lama. Sehelai tissue saja butuh waktu 10 tahun untuk hancur dengan tanah.
Sampah dan polusi adalah masalah utama kita dalam faktor lingkungan hidup. Jika kita sebagai individu, tidak memulai dari diri sendiri. Maka masalah lingkungan kita, bumi pertiwi yang sudah kita tinggali ini tidak kita rawat, lalu siapa lagi yang akan merawatnya? usia bumi kita sudah jutaan tahun lamanya. Dengan usia yang semakin tua, sudah sepantasnya kita sebagai penghuni nya untuk merawat dan menjaga, serta memperbaiki kerusakan2 alam kita.
Dimulai dari diri sendiri, berubah yuk untuk bumi kita..
Langkah awal untuk berubah :
1. Jangan buang sampah sembarangan, pisahkan yang organik dan non organik
2. Gunakan segala sesuatunya sehemat dan seefisen mungkin, misalnya untuk kertas, ketika kamu bekerja, daripada kamu print lalu salah, mending chek dulu pekerjaan mu hingga selesai baru kamu print. Jika seluruh orang Indonesia dapat menghemat kertas, maka kita dapat menyelamatkan jutaan pohon setiap harinya.
3. Gunakan tissue seperlunya, daripada menggunakan tissue kamu bisa boros, mending gunakan sapu tangan
4. Untuk air minum mineral, daripada kamu membelinya terus menerus, mending kamu beli botol minuman ramah lingkungan dan dapat mengisi ulang botol minuman itu. Hemat kan?
5. Khusus cewek, hindari pemakaian kosmetik berlebih. Karena kosmetik yang kamu gunakan, banyak sekali yang berbahan dasar hewani. Sayangi hewan2 kita. Dan botol kemasannya dapat menyebabkan sampah, mending jika kosmetik mu sudah habis, beli saja refill nya..Hemat kan?Oia, hindari penggunakan hair dryer, karena itu dapat menyebabkan penguapan (efek rumah kaca)
6. Jika kamu ingin menuju kesuatu tempat dengan menggunakan kendaraan pribadi yang dapat menyebabkan polusi, mending kamu gunakan kendaraan umum seperti Trans Jakarta, kamu bisa hemat bensin, hemat uang kamu, dan mengurangi polusi.
7. Hindari memakai peralatan sekali pakai, seperti sterofoam utk makanan/minuman, tissue, shampoo sachet(kemasannya bisa menambah sampah), air mineral gelas/botol, dsb.
Saya rasa teman2 bisa memulainya kan? ayooo selamatkan bumi kitaaaa..
Let's go green ..(mendukung gerakan penghijauan bumi kita..)

Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Korea oh Korea

Hi all ^^. Berhubung gue lagi suka banget sama yang berbau Korea gue mau copast beberapa hal yang lagi gue sukai. ^^ Lagu yang lagi gue suka. Lagu lama siih, tapi gue masih suka aja, lagu ini adalah original soundtrack dari film lama korea yang judulnya Full House. Dengan bintang kesukaan gue, yakni RAIN! ^^. Synopsis A story about love and heartbreak, sadness and self-preservation.A naive, cheerful albeit, somewhat of a recluse writer, Han Ji Eun (Song Hye Gyo) is swindled out of everything she owns. Not by strangers, but her best friends! Stranded in another country, she is determined to get home with the help of an actor, Lee Young Jae (Bi), only to find that all which is precious to her has been sold. In an attempt to get her possessions back, she has entered in a contract marriage with Young Jae. It is quite simple, until feelings start to develop. Everyone around them test the “love” Young Jae and Ji Eun have for one another, including Young Jae’s grandmother.In spite of it all, ...

Kutukan Maut Berantai

Dapat kutukan maut dari si RIU , yah mau gimana lagi.. Belum diselesaikan kutukannya eh dapat lagi kutukan dari YUDI dan TEBEH . Arh, sial -______-". Karena isi kutukannya harus membuka kartu 11 FACT ABOUT ME, okay here we go... 1. Gue sangat membenci KECOA. I hate you paparoach! Gue harap lo punah kayak dinosaurus. 2.Gue tipe orang yang berpikir nggak ada duit = dunia datar. Yah walau ada pepatah uang bukan segalanya, tapi segalanya butuh uang bro. *Astajim, matre amat gue -______-" 3.Walau gue nggak begitu suka buku Twilight Saga, tapi sumpah gue suka banget sama si Edward Cullen, gue suka cowok romantis, ganteng, baik hati, tidak sombong, keren dan terutama RICH. *masih matre juga gue -____-" 4. Walau gue suka banget horror, uka-uka, adrenaline pumping, tapi gue penakut abis sama hal-hal ghaib. Gue mudah parnoan kalau ngeliat yang sekelebat nggak jelas. 5. Gue takut air yang banyak. Misalnya kolam renang, laut, danau,, sungai. Gue hanya berani di pinggir-...

PERGI

Kemana perginya? Ada tanya dalam lara Hati hampa menanyakan penghuninya Kosong Biarlah berpura pura  Bahwa bahagia ada Kosong Pakai dulu topengnya agar mereka tak tahu bahwa itu hanya omong kosong Dan tersenyumlah bahwa semua akan aman saja Mungkin tak sama Bahwa hati ini miliknya, dan hatimu milikku..