Langsung ke konten utama

Semua perempuan di dunia ini CANTIK!!

Saya kenal seseorang, dia sebenarnya adalah perempuan yang manis. Wajah Jawanya sangat ketara dalam bentuk mukanya. Dia orang yang sederhana, pakaiannya simple model kasual, tatanan rambutnya juga simple panjang terurai dengan pony sealis, tutur bahasanya kalem seperti perempuan Jawa pada umumnya. Tak ada yang spesial jika dilihat sekilas, tapi jika diamati, dia amat manis, jika saya laki-laki tentu saya akan menyukainya.

Tapi keadaan berubah ketika dia pindah kerja yang kantornya terletak di Sudirman. Pergaulan dan keharusan berpenampilan menarik membuatnya berubah total. Sekarang gayanya kelihatan seperti perempuan elit, nggak ada kesederhanaan lagi yang terpancar dari dirinya. Sekarang dia mengenakkan rok, stocking hitam, kemeja ketat yang menunjukkan belahan dadanya, tas dan sepatu bermerk. Wajahnya juga bermake up tebal, rambutnya di cat blondie, kulitnya juga memutih seperti vampir-vampir Twilight, persis seperti tante-tante yang nggak sadar diri kalau umurnya sudah menua tapi ingin kelihatan seperti ABG dalam girl band Cherrybelle.

make over tanpa operasi dan botox


Saya kan memang orangnya blak-blakan jika bicara, sempat saya ledek dia "Kok loe sekarang kayak tante-tante sih? Kayak si MD itu looh.." kata saya terkekeh, lantas dia langsung tersinggung, dia bilang "Gue udah ngeluatin banyak biaya nih buat make over. Jutaan yang gue keluarin buat ini, loe nggak liat sekarang toket gue makin montok.." katanya dengan bahasa yang nggak lagi sopan seperti dulu. 

Saya mengernyit, kaget tepatnya. Rupanya pergaulan semakin menggila. Gadis manis sederhana dan sopan yang saya kenal dulu sudah nggak ada lagi di dirinya. 

"Emangnya elo, gaya lo masih gini-gini aja. Pake jilbab monoton gitu-gitu aja.." tambahnya lagi.

Saya makin terdiam. Entahlah, bagi saya memakai jilbab adalah kebanggaan saya. Jika ada perempuan yang membanggakan rambut indahnya itu terserah dia, tapi tolong jangan menghina kebanggaan saya ini (baca : jilbab). 
"Menurut gue, tanpa ini semua elo udah cantik. Emangnya untuk apa sih sampai semua ini lo lakuin?" tanya saya.

"Selain tuntutan pekerjaan juga untuk nyari cowok, Deb.. Hari gini mana ada cowok yang sama cewek yang standar-standar aja kayak elo. Ya lo lagi hoki aja bisa nikah lagi.." jawabnya.

JLEB.. 

Standar?

Standar menurut siapa? Atau bahkan apa?

Apakah perempuan yang bernampilan seperti dia sudah dibilang cantik?

Hmmm.. 

Saya kembali bertanya padanya,

"Standarnya gue adalah standarnya kewajiban seorang muslimah memakai hijab.. Bukan sok alim, tapi menurut gue memang wajib setiap perempuan berpenampilan cantik, tapi lebih diwajibkan lagi jika cantiknya bukan berpatokan pada budaya barat yang bajunya kayak kekurangan bahan, atau memamerkan keelokan tubuh.. Tapi yah terserah elo sih. Tuhan udah kasih elo tubuh yang sempurna, nggak ada cacat sedikit pun. Jadi kenapa harus diubah-ubah lagi?" tanya saya ketika tersadar melihat bentuk hidungnya yang sudah berubah (mungkin disuntik mancung). 

"Yah Deb, cowok jaman sekarang maunya cewek yang perfect, kalau gue tetap kayak ndeso seperti dulu nggak akan laku-laku.."

"Jodoh kan di tangan Tuhan, say.." jawab saya.

"Yah buktinya gue nggak kawin-kawin, nah elo udah dua kali.." balasnya.

"Nah justru itu, gue yang standar menurut lo udah dua kali.. Mungkin memang belum waktunya aja kali, say... Bukan berarti nggak ada cowok yang naksir elo kalau lo berpenampilan apa adanya. Yang penting kan kita berpenampilan luar yang bersih dan  berpenampilan dalam (inner beauty) ramah dan nggak judes, insya Allah akan ada jodohnya kok. Ya sabar aja.." jawab saya.

Dia cemberut. Tetap keukeuh dengan pendapatnya. Saya hanya tersenyum, andai saja dia percaya bahwa Tuhan tidak akan menciptakan sesuatu yang sia-sia. Jika dadanya diciptakan berukuran kecil, hidungnya pesek dan kulitnya sawo matang, karena memang itulah yang dia butuhkan. Bisa saja kalau dadanya besar seperti sekarang ini, mungkin dia kena penyakit cancer, atau jalan keberatan dada, dan kejadian tak terduga lainnya. Bisa saja jika hidungnya mancung seperti itu dia malah sesak napas. Lagian, gara-gara iklan pemutih kulit standar cantik perempuan harus berkulit putih, padahal kulit sawo matang (tan) itu keren loh, buktinya bule-bule banyak yang suka orang Indonesia berkulit tan.

Saya tak bicara lagi, biarkan saja dia sadar. Jika dia merasa cantik, tak akan dia melakukan itu semua. Jika dia bersyukur pada Tuhan, dia hanya akan melakukan perawatan simple untuk tubuh dan wajahnya. 

Biarlah, sudah dewasa :) Saya mah tetap cinta diri saya apa adanya.. ;)

Komentar

  1. debby cantik kok, sama MD jauh, serem ama MD kaya maen sama patung lilin

    BalasHapus
  2. Sapa bilang km standar, Ndut!
    Kalo standar, masak bisa sampe ada yg naksir pada pandangan pertama. Yang naksir terkenal sebagai playboy lagi.
    Wkwkwkwk.....
    Kabuuuurrrr....
    ;-b
    :-D

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Korea oh Korea

Hi all ^^. Berhubung gue lagi suka banget sama yang berbau Korea gue mau copast beberapa hal yang lagi gue sukai. ^^ Lagu yang lagi gue suka. Lagu lama siih, tapi gue masih suka aja, lagu ini adalah original soundtrack dari film lama korea yang judulnya Full House. Dengan bintang kesukaan gue, yakni RAIN! ^^. Synopsis A story about love and heartbreak, sadness and self-preservation.A naive, cheerful albeit, somewhat of a recluse writer, Han Ji Eun (Song Hye Gyo) is swindled out of everything she owns. Not by strangers, but her best friends! Stranded in another country, she is determined to get home with the help of an actor, Lee Young Jae (Bi), only to find that all which is precious to her has been sold. In an attempt to get her possessions back, she has entered in a contract marriage with Young Jae. It is quite simple, until feelings start to develop. Everyone around them test the “love” Young Jae and Ji Eun have for one another, including Young Jae’s grandmother.In spite of it all, ...

Kutukan Maut Berantai

Dapat kutukan maut dari si RIU , yah mau gimana lagi.. Belum diselesaikan kutukannya eh dapat lagi kutukan dari YUDI dan TEBEH . Arh, sial -______-". Karena isi kutukannya harus membuka kartu 11 FACT ABOUT ME, okay here we go... 1. Gue sangat membenci KECOA. I hate you paparoach! Gue harap lo punah kayak dinosaurus. 2.Gue tipe orang yang berpikir nggak ada duit = dunia datar. Yah walau ada pepatah uang bukan segalanya, tapi segalanya butuh uang bro. *Astajim, matre amat gue -______-" 3.Walau gue nggak begitu suka buku Twilight Saga, tapi sumpah gue suka banget sama si Edward Cullen, gue suka cowok romantis, ganteng, baik hati, tidak sombong, keren dan terutama RICH. *masih matre juga gue -____-" 4. Walau gue suka banget horror, uka-uka, adrenaline pumping, tapi gue penakut abis sama hal-hal ghaib. Gue mudah parnoan kalau ngeliat yang sekelebat nggak jelas. 5. Gue takut air yang banyak. Misalnya kolam renang, laut, danau,, sungai. Gue hanya berani di pinggir-...

PERGI

Kemana perginya? Ada tanya dalam lara Hati hampa menanyakan penghuninya Kosong Biarlah berpura pura  Bahwa bahagia ada Kosong Pakai dulu topengnya agar mereka tak tahu bahwa itu hanya omong kosong Dan tersenyumlah bahwa semua akan aman saja Mungkin tak sama Bahwa hati ini miliknya, dan hatimu milikku..