Langsung ke konten utama

Sejarah dan Peradaban

Sebenarnya sih berawal dari keisengan doank, karena gw yang begitu penasaran sama budaya Dayak yang kental dengan nuansa mistis. Gw emang tertarik sama yang berbau mistis n misteri, tentang sejarah suku2 yang jarang terekspos dan begitu tersembunyi dari kemajuan zaman manusia yang sudah memasuki era globalisasi ini...


Nah, untuk posting kali ini gw mau bahas yang lain dulu..


Smalam gw habis nonton vcd national geographic tentang maya's massacre, kehancura bangsa Maya Cancuen.


Tentang awal kehancuran suku Maya dipedalamana Guatemala Amerika. Kenapa Maya bisa hancur? padahal bangsa itu sudah menjalani kemakmuran ribuan tahun lamanya.

Berdasarkan penelitian, bangsa Maya mengalami kehancuran sekitar tahun 800 M, bangsa Maya yang mempunyai peradaban tinggi saat itu, ilmu perbintangan yang canggih, tata kota yang teratur dan memiliki lebih dari 100 bangunan besar dengan penduduk lebih dari 100.000 jiwa.

Dari hasil yang gw tonton seh penelitian menduga bahwa saat itu terjadi kudeta besar2an. Raja dan ratunya, hingga semua keturunannya dibunuh,di mutilasi secara massal.

Kenapa bisa terjadi kudeta dan pembunuhan keji itu?

Salah satunya karena kecemburuan rakyat terhadap keluarga raja yang termasuk bangsawan.

Wajar saja rakyat memberontak, keluarga kerajaan pada saat itu hidup dalam kemewahan. setiap keluarga bangsawan tinggal didalam bangunan yang memiliki lebih dari 200 kamar, mempunyai budak hingga ratusan, perhiasan mahal, dan satu laki-laki dapat memperistri sebanyak mungkin.

Jika tiap satu kepala keluarga bangsawan mempunyai satu bangunan rumah yang memiliki 200 kamar lebih,diperlukan ratusan budak untuk membangunnya.

Sudah pasti pembangunan bangunan itu diterapkan sistem kerja paksa.

Rakyat pun mengamuk.

Belum lagi dengan kepercayaan bangsa Maya terhadap Dewa Matahari dan dewa2 lainnya yangmemerlukan pengorbanan berupa human sacrifice (pengorbanan/ tumbal manusia)

Dan rakyatlah yang dijadikan tumbal.

Penyebab kedua bisa jadi karena faktor kecemburuan antar bangsawan.

Setiap laki2 kerajaan yang mempunyai lebih dari 1 istri sudah pasti mempunya lebih dari 1 anak dari masing2 istri.

Anak2 ini saling berlomba untuk merebut tahta, kekuasan dan kekayaan.

Dan masih banyak penyebab2 lainnya.

Inilah yang menyebabkan terjadi kudeta besar2an terhadap pemerintahan raja dan ratu maya pada saat itu.

Keluarga dibantai habis2an hingga dimutilasi.

Hingga bangsa Maya mengalami kehancuran karena perang saudara dimana2, saling membunuh dan menjadi korban. Ratusan penduduk yang masih tersisa mengungsi ke tempat lain.

Meninggalkan kerajaan Maya hingga menjadi kota hantu hingga ratusan tahun lamanya.


Dari hasil ulasan gw, dapatkan kita memetik hikmahnya?


Image Hosted by ImageShack.us



* untuk review lainnya bisa nonton film Apocalypto, keren tuh..

Image Hosted by ImageShack.us

Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Korea oh Korea

Hi all ^^. Berhubung gue lagi suka banget sama yang berbau Korea gue mau copast beberapa hal yang lagi gue sukai. ^^ Lagu yang lagi gue suka. Lagu lama siih, tapi gue masih suka aja, lagu ini adalah original soundtrack dari film lama korea yang judulnya Full House. Dengan bintang kesukaan gue, yakni RAIN! ^^. Synopsis A story about love and heartbreak, sadness and self-preservation.A naive, cheerful albeit, somewhat of a recluse writer, Han Ji Eun (Song Hye Gyo) is swindled out of everything she owns. Not by strangers, but her best friends! Stranded in another country, she is determined to get home with the help of an actor, Lee Young Jae (Bi), only to find that all which is precious to her has been sold. In an attempt to get her possessions back, she has entered in a contract marriage with Young Jae. It is quite simple, until feelings start to develop. Everyone around them test the “love” Young Jae and Ji Eun have for one another, including Young Jae’s grandmother.In spite of it all, ...

Kutukan Maut Berantai

Dapat kutukan maut dari si RIU , yah mau gimana lagi.. Belum diselesaikan kutukannya eh dapat lagi kutukan dari YUDI dan TEBEH . Arh, sial -______-". Karena isi kutukannya harus membuka kartu 11 FACT ABOUT ME, okay here we go... 1. Gue sangat membenci KECOA. I hate you paparoach! Gue harap lo punah kayak dinosaurus. 2.Gue tipe orang yang berpikir nggak ada duit = dunia datar. Yah walau ada pepatah uang bukan segalanya, tapi segalanya butuh uang bro. *Astajim, matre amat gue -______-" 3.Walau gue nggak begitu suka buku Twilight Saga, tapi sumpah gue suka banget sama si Edward Cullen, gue suka cowok romantis, ganteng, baik hati, tidak sombong, keren dan terutama RICH. *masih matre juga gue -____-" 4. Walau gue suka banget horror, uka-uka, adrenaline pumping, tapi gue penakut abis sama hal-hal ghaib. Gue mudah parnoan kalau ngeliat yang sekelebat nggak jelas. 5. Gue takut air yang banyak. Misalnya kolam renang, laut, danau,, sungai. Gue hanya berani di pinggir-...

PERGI

Kemana perginya? Ada tanya dalam lara Hati hampa menanyakan penghuninya Kosong Biarlah berpura pura  Bahwa bahagia ada Kosong Pakai dulu topengnya agar mereka tak tahu bahwa itu hanya omong kosong Dan tersenyumlah bahwa semua akan aman saja Mungkin tak sama Bahwa hati ini miliknya, dan hatimu milikku..