Langsung ke konten utama

Dillema

Well, akhirnya DL (dinas luar looh bukan liar..) selesai juga.. Sempet kedinginan gw tidur sendirian..huehehehe....

Hmm..ntah kenapa sepertinya semakin hari gw semakin TIDAK menikmati suasana kantor gw.

WAIT. Ini BUKAN mengeluh!

Ini masalah prinsip.

Begini ceritanya, ..

Gw kerja di instansi pemerintah udah 4 tahun lebih lama nya. Tapi baru kali ini gw DL. Selama ini gw gak pernah di percaya n dikasih kesempatan DL hanya karena sebuah alasan.

"Kamu kan perempuan Deb.."

Yes, itu alasannya.

Padahal gw tau persis alasannya, karena di bagian gw, gw hanya sendiri yang manusia. Yang lain adalah bangsa serigala buas dan serakah yang saling berebut mangsa, dan bahkan memakan temannya sendiri. Saling menyikut kiri kanan dan terlebih lagi membunuh hak dan kesempatan seseorang.

N Then minggu ini gw akhirnya di kasih kesempatan karena orang yang biasa DL itu sedang tidak bisa. Istrinya lagi ngidam katanya.

Akhirnya gw jalanin DL ini. But hasilnya memang sungguh amat sangat amat sangat mengecewakan sekali.

Gw NGEDROP.

Inilah oknum pemerintah yang hanya bisa menghabiskan anggaran. Gw pikir gw akan kerja ekstra lembur sampe malam. Tapi setiba disana n menjalani hari pertama, panitia nya cuma ngobrol2, berenang, n makan2. Setelah menunggu beberapa waktu akhirnya bekerja juga. But wait, setelah gw teliti sebenarnya pekerjaan itu bisa dikerjakan di kantor dan jenis pekerjaannya juga tidak terlalu banyak hingga harus lembur segala. Lalu kenapa harus di tempat yang jauh dan menghabiskan uang negara?

Shit. Ini dilema banget. Asli gw gak suka menjalani pekerjaan seperti ini. Sangat bertentangan sama prinsip gw.

Bertahun-tahun gw ikut ormas, LSM, organisasi2 lainnya yang intinya membela RAKYAT dan kaum perempuan dan kaum tertindas, n then gw masuk instansi pemerintah lalu menjalani kehidupan yang menginjak injak hak rakyat.

Gw sakit. Sakit hati. sakit banget. Gw seperti dilema. Disisi lain, ini TUGAS KANTOR. Harus dilaksanakan karena sudah tanggung jawab gw. Tapi disisi lain, itu uang rakyat, kalo masih bisa dikembalikan anggarannya dan semoga dipergunakan untuk mensejahterakan rakyat kenapa tidak?

Lalu suami gw bilang :
"Memang sudah jadi tradisinya begitu, daripada anggarannya di balikin setelah susah payah membuat dan mencairkan anggaran, mending dihabiskan dan diadakan proyek asal2an atau bahkan fiktif.."

Oh My GOD..

Kemana nurani mereka?

Apakah mereka gak ada perasaan bersalah?

Gw sedih banget.

N yang bikin gw tambah sedih lagi.. di sela2 DL itu, ada yang sudah biasa/sering DL nyeletuk...

"Yah, cuma DL beginian doank..kurang jauh, biayanya gak bisa dimainin banyak. Palingan cuma dapet 2 jutaan, gak bisa buat apa2 cuma sekedar numpang lewat doank.."

WHAT?

SADAR WOOOI..uang rakyat yang lo pake neh. Udah gak bersyukur, serakah pula.

Gw gak bisa begini terus. Gw di kelilingi orang2 yang serakah, orang2 yang rakus.

Karena begitu serakahnya..diperjalanan ada juga yang gak berprikemanusiaan. Ada seorang anak kecil minta makan, minta kue yang ada di meja makan restoran itu. Mata anak itu menatap nanar dan kelaparan. Sayang bukan kue gw. Tapi gw diemin orang itu cuma ingin liat bagaimana dia menyikapi seorang anak pengemis yang kelaparan berharap di kasih sepotong kue. Bukan uang!

N dijawabnya kepada anak itu..
"Hus..sana pergi..kotor.."

Masya Allah..

Gw tertunduk, ingin menangis. Tapi gw tahan. Gw samperin anak kecil yang sudah melangkah pergi itu. Hanya sekedar menyisihkan haknya saja semoga dia bisa mendapatkan apa yang yang dia perlukan..

Apa yang ada di otak orang serakah itu?

Beberapa waktu lalu dia bilang 2 juta gak ada artinya..

Lalu untuk sepotong kue saja dia tidak mau korbankan untuk yang tidak mampu?

Makin sesak dada gw, tekat gw semakin bulat. Gw pengen nyelesain kuliah gw. Sampe S2, lalu kalau masih bisa gw memulai karir gw yang baru, gw pengen kerja di NGO International n sebisa mungkin membantu mereka yang membutuhkan.

Banyak yang bilang itu cuma mimpi.

Tapi, dengan mimpi lah semuanya bisa terjadi..

doakan gw yaach..

inilah cita-cita gw..





Komentar

  1. ... saya ikut prihatin ...
    dan mudah2an mbak Debby terus semangat dan tetap pegang prinsip...
    Semangat mbak... btw, ini saya bingung mau taro dimana alamat blog saya ma nama saya, saya pendatang baru di blog. Saya taro sini aja ya alamat blog saya, http://darwadi.wordpress.com

    BalasHapus
  2. hi darwadi..salam kenal yaach.. prihatin terhadap ap neh? pekerjaan gw? yah beginilah memang birokrasi kita..birokrasi yang sudah menjadi borokrasi..

    semangaat..gw taro di blogroll yach..

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Korea oh Korea

Hi all ^^. Berhubung gue lagi suka banget sama yang berbau Korea gue mau copast beberapa hal yang lagi gue sukai. ^^ Lagu yang lagi gue suka. Lagu lama siih, tapi gue masih suka aja, lagu ini adalah original soundtrack dari film lama korea yang judulnya Full House. Dengan bintang kesukaan gue, yakni RAIN! ^^. Synopsis A story about love and heartbreak, sadness and self-preservation.A naive, cheerful albeit, somewhat of a recluse writer, Han Ji Eun (Song Hye Gyo) is swindled out of everything she owns. Not by strangers, but her best friends! Stranded in another country, she is determined to get home with the help of an actor, Lee Young Jae (Bi), only to find that all which is precious to her has been sold. In an attempt to get her possessions back, she has entered in a contract marriage with Young Jae. It is quite simple, until feelings start to develop. Everyone around them test the “love” Young Jae and Ji Eun have for one another, including Young Jae’s grandmother.In spite of it all, ...

Kutukan Maut Berantai

Dapat kutukan maut dari si RIU , yah mau gimana lagi.. Belum diselesaikan kutukannya eh dapat lagi kutukan dari YUDI dan TEBEH . Arh, sial -______-". Karena isi kutukannya harus membuka kartu 11 FACT ABOUT ME, okay here we go... 1. Gue sangat membenci KECOA. I hate you paparoach! Gue harap lo punah kayak dinosaurus. 2.Gue tipe orang yang berpikir nggak ada duit = dunia datar. Yah walau ada pepatah uang bukan segalanya, tapi segalanya butuh uang bro. *Astajim, matre amat gue -______-" 3.Walau gue nggak begitu suka buku Twilight Saga, tapi sumpah gue suka banget sama si Edward Cullen, gue suka cowok romantis, ganteng, baik hati, tidak sombong, keren dan terutama RICH. *masih matre juga gue -____-" 4. Walau gue suka banget horror, uka-uka, adrenaline pumping, tapi gue penakut abis sama hal-hal ghaib. Gue mudah parnoan kalau ngeliat yang sekelebat nggak jelas. 5. Gue takut air yang banyak. Misalnya kolam renang, laut, danau,, sungai. Gue hanya berani di pinggir-...

PERGI

Kemana perginya? Ada tanya dalam lara Hati hampa menanyakan penghuninya Kosong Biarlah berpura pura  Bahwa bahagia ada Kosong Pakai dulu topengnya agar mereka tak tahu bahwa itu hanya omong kosong Dan tersenyumlah bahwa semua akan aman saja Mungkin tak sama Bahwa hati ini miliknya, dan hatimu milikku..