Hei, di mana manner mu?

Sudah seharusnya kita sebagai mahluk sosial mempunyai manner yang bagus kepada manusia lain ketika berinteraksi. Jika belum tahu apa itu manner, ini gue kutipkan manner adalah TATA KRAMA, atau biasa disebut adat sopan santun. 

Contoh simple, ketika diberi sesuatu ucapkan terima kasih, ketika butuh bantuan ucapkan tolong, ketika memulai komunikasi ucapkan selamat pagi, assallamualaikum atau salam sapa sesuai enaknya kita, lalu disambung apa kabar? dan diakhiri terima kasih, hati-hati di jalan, goodluck, have a nice day. Selain itu, buang sampah sembarangan, bersendawa, buang gas, itu juga bagian dari tata krama kepada lingkungan sekitar.

Simpel banget kan ya? Saking simpelnya banyak orang mengabaikan, alias meremehkan. Saking sudah kenal dan akrab sampe nggak ada mannersnya sama sekali. Ya gak gitu juga lah. Orang tua kita ngajarin kita cium tangan pamitan sebelum jalan itu kan manners, apa karena sudah akrab sama orang tua lalu seenaknya aja nggak cium tangan? Masuk kamar abang atau adik karena akrab seenaknya aja masuk kan ga bisa juga, pantesnya ngetuk dulu, itulah manners. Tapi sakiiiing banyaknya dianggap sepele sampe hal kecil seperti itu diabaikan, tapi ketika sudah keseringan, orang bisa jengah loh.

Gue pernah bahkan sering berhadapan orang yang nggak ada mannersnya. Aseli jengkelin abis, dan gue sangat tidak suka berhubungan ama orang itu lagi. Udah malaaaas...

Coba deh pikir, lo pasti jengkel dengan orang yang nggak sopan kan? Nah. Coba ngaca, apa kita sudah cukup sopan dengan kehidupan sosial kita?


Bagikan:

2 komentar