ANGEL - Semangat nge-BLOG 28 hari menuju Syawal


Dan ketika langit digoncangkan, saat sangkakala malaikat Israfil ditiupkan, gunung-gunung berterbangan seperti bulu yang ditiupkan. Hari itulah terjadinya kiamat, akhir dari segalanya yang ada di bumi dan langit. Saat itu, manusia-manusia pembangkang Tuhannya menangis, menyesali akan apa yang telah mereka lakukan di dunia, menyesali menjadi legion Iblis.

---



Malaikat, adalah mahluk ciptaan Tuhan yang terbuat dari cahaya, mempercayainya termasuk dalam rukun iman dalam Islam.



Apa itu malaikat? Apa fungsinya di bumi dan langit?  Mengapa Tuhan menciptakannya?



Dalam Islam, Malaikat (Bahasa Arab: ملاءكة; transliterasi: Malaikah) adalah makhluk yang memiliki kekuatan-kekuatan yang patuh pada ketentuan dan perintah Allah.

Dalam kristen, kata "malak" atau malaikat berasal dari bahasa Ibrani ( מלאך ), mal'akh, yang juga berarti "utusan". Kata ini di dalam Alkitab terjemahan baru, diterjemahkan menjadi: Malaikat, malaikat, utusan, suruhan, orang-orang suruhan, bentara, pesuruh, dan raja.

Malaikat adalah makhluk roh yang diciptakan oleh Tuhan yang ditugaskan Tuhan untuk beberapa tujuan khusus sesuai dengan rencana-Nya, baik untuk melayani Tuhan maupun untuk menolong orang-orang beriman (Kolose 1:16, Ibr 1:14).

Istilah "malaikat" dalam Alkitab, מלאך ('malakh"), mendapatkan artinya hanya ketika disebutkan bersama-sama dengan pengutusnya, yaitu Allah sendiri, seperti misalnya dalam "malaikat TUHAN," atau "malaikat Allah" (Zakharia 12:8). Sebutan lainnya yang juga digunakan adalah "anak-anak Allah", (Kejadian 6:4; Ayub 1:6).

Malaikat disebut sebagai "penjaga" (Daniel 4:13). Mereka disebut sebagai "tentara langit" (Kitab Ulangan 17:3) atau bala tentara "TUHAN" (Yosua 5:14). "Bala tentara," צבאות Zebaot dalam gelar Yahweh Zebaot, TUHAN dari bala tentara surgawi, mungkin dihubungkan dengan para malaikat. "Bala tentara" ini dihubungkan pula dengan bintang-bintang, karena bintang-bintang dianggap terkait erat dengan para malaikat. Namun, YHWH membedakan diri-Nya dari para malaikat, dan karena itu orang-orang Ibrani dilarang Musa menyembah "bala tentara surga".

Sebelum munculnya monoteisme di Israel, gagasan tentang malaikat ditemukan dalam Mal'akh Yahweh, malaikat TUHAN, atau Mal'akh Elohim, malaikat Allah. Mal'akh Yahweh adalah penampakan atau perwujudan Yahweh dalam bentuk manusia. Istilah Mal'akh Yahweh digunakan secara berganti-ganti dengan Yahweh (bandingkan Keluaran 3:2, dengan 3:4; 13:21 dengan 14:19). Mereka yang melihat Mal'akh Yahweh mengatakan bahwa mereka telah melihat Allah (Kejadian 32:30; Hakim-hakim 13:22). Mal'akh Yahweh (atau Elohim) menampakkan diri kepada Abraham, Hagar, Musa, Gideon, &c., dan memimpin bangsa Israel dalam tiang awan (Keluaran 3:2). Penyamaan Mal'akh Yahweh dengan Logos, atau Pribadi kedua dari Tritunggal, tidak ditunjukkan melalui acuan kepada kitab suci Ibrani, tetapi gagasan tentang pengidentifikasian Yang Ada dengan Allah, namun yang dalam pengertian tertentu berbeda daripada-Nya, menggambarkan kecenderungan pemikiran keagamaan Yahudi untuk membedakan pribadi-pribadi di dalam keesaan Allah. Orang Kristen berpendapat bahwa hal ini merupakan gambaran pendahuluan dari doktrin tentang Tritunggal, sementara orang Yahudi Kabalis mengatakan bahwa hal ini kemudian berkembang menjadi pemikiran teologis dan gambaran Kabbalah.

Setelah doktrin monoteisme dinyatakan secara resmi, dalam periode segera sebelum dan pada masa Pembuangan (Ulangan 6:4-5 dan Yesaya 43:10), kita menemukan banyak gambaran tentang malaikat dalam Kitab Yehezkiel. Nabi Yehezkiel, sebagai nabi di Pembuangan, mungkin dipengaruhi oleh hierarkhi makhluk adikodrati di dalam agama Babel, dan mungkin oleh angelologi Zoroastrianisme. (Namun tidak jelas bahwa doktrin Zoroastrianisme ini sudah berkembang demikian awal). Yehezkiel 9 memberikan gambaran yang terinci mengenai kerub (suatu jenis malaikat). Dalam salah satu penglihatannya Yehezkiel melihat 7 malaikat melaksanakan penghakiman Allah atas Yerusalem. Seperti dalam Kejadian, mereka digambarkan sebagai "manusia"; mal'akh, karena "malaikat", tidak muncul dalam Kitab Yehezkiel. Belakangan, dalam penglihatan Zakharia, malaikat memainkan peranan penting. Mereka disebut kadang-kadang sebagai "manusia", kadang-kadang sebagai mal'akh, dan Mal'akh Yahweh tampaknya menduduki tempat utama di antara mereka (Zakharia 1:11).

Dalam masa pasca-Alkitab, bala tentara surgawi menjadi semakin terorganisasi (barangkali bahkan sejak Zakharia [3:9, 4:10]; dan yang pasti dalam Daniel). Malaikat pun menjadi beragam, sebagian malah juga mempunyai nama.


Dalam etimologi Islam, menurut bahasa, kata “Malaikat” merupakan kata jamak yang berasal dari Arab malak (ملك) yang berarti kekuatan, yang berasal dari kata mashdar “al-alukah” yang berarti risalah atau misi, kemudian sang pembawa misi biasanya disebut dengan Ar-Rasul.

Malaikat diciptakan oleh Allah terbuat dari cahaya (nur), berdasarkan salah satu hadist Muhammad, “Malaikat telah diciptakan dari cahaya.”

Iman kepada malaikat adalah bagian dari Rukun Iman. Iman kepada malaikat maksudnya adalah meyakini adanya malaikat, walaupun kita tidak dapat melihat mereka, dan bahwa mereka adalah salah satu makhluk ciptaan Allah. Allah menciptakan mereka dari cahaya. Mereka menyembah Allah dan selalu taat kepada-Nya, mereka tidak pernah berdosa. Tak seorang pun mengetahui jumlah pasti malaikat, hanya Allah saja yang mengetahui jumlahnya.

Walaupun manusia tidak dapat melihat malaikat tetapi jika Allah berkehendak maka malaikat dapat dilihat oleh manusia, yang biasanya terjadi pada para Nabi dan Rasul. Malaikat selalu menampakan diri dalam wujud laki-laki kepada para nabi dan rasul. Seperti terjadi kepada Nabi Ibrahim.

Sebab Tuhan menciptakan malaikat:

1.         Untuk menyembah kepadaNya

2.         Mematuhi semua perintahNya

3.         Sebagai perantara/petugas dalam alam semesta



Nama Malaikat dalam Kristen dan Yudeo (Yahudi/Yudaisme)

  1. Adnachiel (Kristen) : melindungi manusia yang baik secara khusus.
  2. Ambriel (Yudeo-Kristen) : mengatur komunikasi dan perlindungan bagi manusia.
  3. Angels of Presence atau Malaikat Kehadiran (Kristen) : para malaikat yang diciptakan pada hari pertama, telah disunat, ikut menjaga hari Sabtu (Sabat). Di antaranya: Metatron, Suriel, Sandalfon, Astanfaeus, Sarakiel, Fanuel, Jehoel, Zagzagael, Uriel, Yefefiah, Sabaoth, Akatriel.
  4. Angels of Sanctification atau Malaikat Persucian (Kristen) : para malaikat yang diciptakan pada hari pertama, telah disunat, melakukan ibadah dan pelayanan pada hari Sabtu (Sabat). Di antaranya: Fanuel, Mikhael, Metatron, Zagzagael, Suriel.
  5. Arariel (Yahudi) : bersama Gagiel dan Azareel mengurus perairan di bumi.
  6. Ariel (Yudeo-Kristen) : memegang otoritas atas bumi dan elemen di dalamnya.
  7. Archangels atau Malaikat Agung (Yudeo-Kristen-Islam) : para malaikat yang dinaungi Roh Kudus sehingga dianggap setara dengan manusia kudus. Dalam Katolik, biasanya mereka disebut Santo atau Malaikat Kudus. Di antaranya: Mikhael, Gabriel, Rafael, Uriel, Raguel, Zerakhiel, Remiel, Metatron, Barakhiel, Khamuel, Jegudiel, Suriel, Zadakiel, Sahaquiel.
  8. Azazel atau Iblis atau Lucifer (Yudeo-Kristen-Islam) : memimpin seluruh malaikat kerubim, menjadi imam bagi para malaikat, dan menjadi bendaharawan surga sebelum kejatuhannya.
  9. Azrael atau Izrail (Yudeo-Kristen-Islam) : bertugas memisahkan nyawa dari tubuh semua ciptaan yang dipanggil dari dunia untuk kembali ke asalnya, yaitu hidup yang kekal (surga), atau alam maut (neraka).
  10. Barakhiel (Kristen) : mengepalai para malaikat pelindung, ikut memberkati para Malaikat Agung.
  11. Bene Elohim (Yudeo-Kristen) : bertindak sebagai mulut Tuhan dan menyampaikan pesan Tuhan secara langsung. Disebut juga Malaikat TUHAN atau Malaikat Yahweh (Angels of Lord) dalam Alkitab. Namun mereka berubah menjadi Malaikat yang Jatuh dan kawin dengan manusia.
  12. Cassiel atau Kasiel (Yudeo-Kristen) : mengamati kejadian kosmos yang terungkap dan ikut mengaturnya, memimpin kematian para raja.
  13. Camael atau Kemuel (Yudeo-Kristen) : mengetuai para malaikat yang mengeluarkan Adam dan Hawa dari surga.
  14. Dominions atau Penguasa atau Kyriotetes (Yudeo-Kristen) : para malaikat yang mengatur pekerjaan malaikat, memimpin doa dan puji-pujian (paduan suara) yang lingkupnya lebih kecil dari Serafim dan Kerubim.
  15. Dumah (Yudeo-Kristen) : menghukum manusia-manusia yang berdosa di Neraka.
  16. Ecanus atau Ethan (Kristen) : bersama Sarea, Dabria, Selemia, dan Asiel menulis 94 dari 204 kitab yang didikte Ezra kepada mereka.
  17. Fallen Angels atau Malaikat yang Jatuh (Yudeo-Kristen) : para malaikat yang telah diusir atau dibuang dari surga karena pengingkaran dan pemberontakan mereka terhadap Tuhan. Dalam Islam, mereka disebut jin karena, berbeda dengan malaikat yang terbuat dari cahaya, mereka diciptakan dari api. Ketika diperintahkan Tuhan bersujud kepada Adam, Azazel, salah satu dari mereka, menolak untuk bersujud bersama para malaikat.
  18. Gabriel atau Jibril (Yudeo-Kristen-Islam) : menyampaikan wahyu dan sukacita kepada para nabi dan utusan Tuhan, mendiktekan susunan ayat Alquran yang diperintahkan Tuhan kepada Muhammad, membawa rezeki bagi manusia. Dalam Islam disebut juga Roh Amin (Roh Terpercaya) atau Roh Kudus.
  19. Gadreel (Ibrani-Yudeo-Kristen) : menjadi salah satu malaikat yang jatuh, mencobai Hawa agar mendekati Pohon Pengetahuan tentang Baik dan Buruk (Pohon Khuldi) saat berada di Taman Eden.
  20. Gagiel (Yudeo-Kristen) : bersama Arariel dan Azareel menguasai ikan dan perairan.
  21. Grigori atau Para Pengawas (Yudeo-Kristen) : sekelompok dari malaikat yang jatuh karena kawin dengan manusia dan memperanakkan anak manusia yang disebut Nefilim. Para pemimpinnya adalah: Samyaza, Arakiel (Arakiba), Ramael (Azazel, Iblis, Satan, atau Lucifer), Kokabiel, Tamiel, Ramiel, Daniel, Chazaqiel (Ezeqiel), Baraqel, Asael, Armaros, Batariel, Ananiel, Zaqiel, Shamsiel (Samsapiel), Satariel, Turiel, Yomiel, Sariel, dan Bezaliel.
  22. Hadraniel (Yudeo-Kristen) : menjaga gerbang kedua kerajaan surga.
  23. Haniel atau Anael (Yudeo-Kristen) : membantu persalinan Bunda Maria saat melahirkan Yesus Kristus.
  24. Humalat al-Arsy (Islam) : empat malaikat yang memikul Arsy (Singgasana Tuhan). Setelah Hari Akhir, jumlahnya bertambah menjadi delapan dengan bergabungnya Rafael, Mikhael, Gabriel, dan Azrael setelah tugas mereka berakhir.
  25. Ireul (Yudeo-Kristen) : mengawasi tempat-tempat yang dihuni manusia.
  26. Rafael (Yudeo-Kristen) : meniup sangkakala di Hari Kiamat.
  27. Jegudiel (Kristen) : menjadi penasihat dan pembela orang-orang yang menaati Tuhan, bersama Metatron menjadi kepala doa dan puji-pujian (paduan suara) Kerubim.
  28. Jehoel atau Yahuel (Yudeo-Kristen) : menengahi nama Tuhan yang tak terlukiskan, menyiksa manusia berdosa di neraka dengan menelan mereka seperti monster Leviatan.
  29. Jequn (Ibrani-Yudeo-Kristen) : menjadi salah satu malaikat yang jatuh, menyesatkan semua anak-anak malaikat yang jatuh.
  30. Kasdeja (Ibrani-Yudeo-Kristen) : memperlihatkan kepada anak-anak manusia cinta lemah dari para malaikat dan roh dan cinta dari embrio dalam rahim, menjadi salah satu malaikat yang jatuh.
  31. Kerub atau Kerubim (Yudeo-Kristen) : para malaikat yang menyala di hadapan kebijaksanaan Tuhan, merenungkan penyelenggaraan dan rancangan Tuhan bagi makhluk ciptaan-Nya, menjaga jalan masuk ke taman Firdaus di mana Pohon Kehidupan tumbuh, di antaranya: Kerubiel, Gabriel, Ofaniel, Rafael, Uriel, Zofiel.
  32. Kushiel (Yudeo-Kristen) : menyiksa manusia yang tak menaati hukum Tuhan di neraka dengan cambuk api.
  33. Leliel (Yudeo-Kristen) : menguasai malam hari di bumi.
  34. Lucifer (Yudeo-Kristen) : memimpin seluruh malaikat kerubim dan menjadi bendaharawan surga sebelum kejatuhannya. Nama asli sebelum pengutukan dan kejatuhannya adalah Azazel.
  35. Metatron (Yudeo-Kristen) : mengepalai doa dan puji-pujian Kerubim, menanggung makanan di dunia, melayani Yesaya ketika sedang menderita, mewakili malaikat kematian, menemani Abraham ketika akan menyembelih anaknya. Saudara kembar Sandalfon. Dalam Islam disebut juga Roh yang Agung.
  36. Mikhael atau Mikail (Yudeo-Kristen-Islam) : bersama Zofiel memimpin laskar malaikat di kerajaan surga, melindungi umat Tuhan, menjadi pembela bangsa Israel yang mengikuti Tuhan, mengurus hujan, dan mengatur rezeki.
  37. dengan datang silih berganti. Dalam tradisi Yudeo-Kristen disebut juga Malaikat Pelindung.
  38. Muriel (Yudeo-Kristen) : membuat manusia peduli terhadap dirinya sendiri dan lingkungan, menolong manusia untuk menyentuh perasaan terdalam.
  39. Nuriel (Yahudi) : mangatur hujan es yang disertai angin ribut.
  40. Ofan atau Ofanim (Yudeo-Kristen) atau Thrones : menjaga tahta Tuhan dan memuji semua kuasa keadilan Tuhan tanpa henti.
  41. Orifiel (Kristen) : mengurus alam liar seperti hutan, padang pasir, dan lautan.
  42. Pahaliah (Kristen) : menguasai teologi dan moral, mengabulkan kebijaksanaan, kebulatan tekat, dan pengetahuan, serta mengajak orang yang tidak beriman menjadi beriman.
  43. Powers atau Kekuatan atau Exousia (Yudeo-Kristen) : para malaikat yang melawan semua kuasa gelap yang menentang rancangan penyelenggaraan Ilahi, ikut berperang melindungi manusia yang diutus Tuhan. Di antaranya: Gabriel, Rafael, Camael, Verkhiel.
  44. Principalities atau Kerajaan (Yudeo-Kristen) : para malaikat yang menjaga kerajaan-kerajaan duniawi, seperti bangsa-bangsa, dan kota-kota. Di antaranya: Haniel (Anael), Cerviel, Amael, Nisrok (Nisroc), Requel.
  45. Puriel (Yudeo-Kristen) : bersama Dokiel menanyai manusia yang menuju ke gerbang surga.
  46. Raguel (Yudeo-Kristen-Islam) : mengawasi kerja para malaikat, memberi perintah kepada malaikat lain di Pengadilan Terakhir (Hari Penghitungan), membalas perbuatan manusia yang melewati hukum Tuhan.
  47. Raqib (Islam) : mencatat perbuatan baik manusia ketika hidup di dunia.
  48. Raziel (Yudeo-Kristen) : menguasai pengetahuan yang masih misteri bagi yang lain, membantu Henokh (Idris) dan memberi petuah kepada Nuh saat membangun bahtera.
  49. Remiel (Yudeo-Kristen) : menguasai jiwa yang menanti hari kebangkitan, mengantar manusia beriman ke surga.
  50. Sachiel atau Sakhiel (Yudeo-Kristen) : menghuni surga pertama.
  51. Samael atau Simiel (Yudeo-Kristen) : mengepalai dua juta malaikat, menjadi malaikat pelindung bagi Esau (saudara Yakub).
  52. Sandalfon (Yudeo-Kristen) : menjadi penggubah nyanyian surgawi, mengambil doa dan petisi manusia untuk disampaikan kepada Tuhan. Saudara kembar Metatron.
  53. Sariel (Yudeo-Kristen-Islam) : bersama Raquel mengontrol kematian, menguasai pengetahuan tentang sihir dan ritual magis.
  54. Satan (Yudeo-Kristen) : memimpin seluruh malaikat kerubim dan menjadi bendaharawan surga sebelum kejatuhannya. Nama asli sebelum kejatuhannya adalah Azazel.
  55. Selafiel atau Shealtiel atau Salathiel (Yudeo-Kristen) : membantu doa orang-orang yang saleh dan menaati perintah yang diberikan Tuhan dalam Kitab Suci.
  56. Seraf atau Serafim (Yudeo-Kristen) : para malaikat yang menjaga tahta Tuhan dan memegang nyala kasih yang paling berkobar di hadapan Tuhan, melakukan doa dan puji-pujian (paduan suara) . Di antaranya: Mikhael, Serafiel, Gabriel, Metatron, Uriel, Nathanael, Jehoel, Kemuel, Azazel (sebelum jatuh).
  57. Serafiel (Yudeo-Kristen) : mengepalai Serafim, menjadi salah satu malaikat yang menghakimi.
  58. Shamsiel (Yudeo-Kristen) : mengajarkan nyanyian matahari kepada manusia di hari Yered. Salah satu pemimpin Malaikat yang Jatuh.
  59. Thrones atau Tahta (Yudeo-Kristen) : menjaga tahta Tuhan, memuji semua kuasa keadilan Tuhan tanpa henti, menjaga hubungan baik (hubungan silaturahim) antarmanusia. Di antaranya: Bodiel, Jofiel, Zafkiel, Orifiel, Raziel.
  60. Uriel atau Jeremiel (Yudeo-Kristen) : mengawasi guntur dan teror.
  61. Virtues atau Keutamaan (Yudeo-Kristen) : para malaikat yang menerima perintah dari golongan Penguasa, mengontrol semua elemen yang ada di alam, membuat manusia tahan cobaan dan berpegang teguh pada Tuhan. Di antaranya: Kemuel, Uriel, Gabriel, Mikhael, Tarshish, Peliel, Barbiel, Sabriel, Haniel, Hamaliel.
  62. Yerahmeel atau Yeremiel atau Eremiel (Yudeo-Kristen) : memberi wahyu kepada manusia, membangkitkan pemikiran dan ingatan yang memuliakan Tuhan. 
  63. Zebuleon (Kristen) : bersama Mikhael, Gabriel, Uriel, Rafael, Gabuthelon, Aker, Arfugitonos, and Beburos memimpin saat akhir dunia.
  64. Zakhariel atau Zerakhiel (Kristen) : membimbing manusia ke tempat penghakiman (padang mahsyar).
  65. Zadkiel atau Hesediel (Yudeo-Kristen) : mencegah Abraham menyembelih anaknya dengan membawa kambing kibasy sebagai penggantinya.
  66. Zefon (Yahudi) : bersama Ithuriel diutus Gabriel mencari lokasi Iblis yang bermaksud menyesatkan anak-anak Adam saat lari ke bumi.
  67.  Zofiel atau Yofiel atau Efkhiel (Yudeo-Kristen) : bersama Mikhael memimpin tentara langit di surga.





Nama malaikat dalam Islam:


Di antara para malaikat yang wajib setiap orang Islam ketahui sebagai salah satu Rukun Iman, berdasarkan Al Qur'an, hadits dan kitab-kitab. Nama (panggilan) berserta tugas-tugas mereka adalah sebagai berikut:



  1.   Jibril - Pemimpin para malaikat, bertugas menyampaikan wahyu dan mengajarkannya kepada para nabi dan rasul.
  2.   Mikail - Pembagi rezeki kepada seluruh makhluk.
  3.    Israfil - Peniup sangkakala pada hari kiamat.
  4.    Munkar dan Nakir - Pemeriksa amal manusia di alam barzakh.
  5.   Malaikat Maut - Para pencabut nyawa seluruh makhluk, dibagi menjadi 2 jenis yaitu: Para pencabut dengan keras dan Para pencabut nyawa dengan lembut.
  6.   Malaikat penjaga surga - Penjaga pintu syurga.
  7.   Malik - Pemimpin Malaikat Zabaniah dan penjaga neraka.
  8.   Zabaniah - 19 malaikat penyiksa dalam neraka yang bengis dan kasar.
  9.   Hamalat al 'Arsy - Empat malaikat pembawa 'Arsy Allah, pada hari kiamat jumlahnya akan ditambah empat menjadi delapan.
  10.   Harut dan Marut - Dua Malaikat yang turun di negeri Babil.
  11.   Darda'il - Malaikat yang mencari orang yang berdo'a, bertaubat, minta ampun dan lainnya pada bulan Ramadhan.
  12.   Hafazhah (Para Penjaga): Kiraman Katibin - Para malaikat pencatat yang mulia, ditugaskan mencatat amal manusia sewaktu manusia itu hidup di dunia hingga di alam barzakh Mu’aqqibat - Para malaikat yang selalu memelihara/ menjaga manusia dari kematian sampai waktu yang telah ditetapkan yang datang silih berganti.
  13.   Malaikat Qarin - Para malaikat pendamping manusia dari lahir hingga ajalnya, bertugas membisikkan hal-hal kebenaran dan kebaikan.
  14.   Malaikat Arham - Malaikat yang diperintahkan untuk meniupkan ruh, menetapkan rizki, ajal, amal dan celaka atau bahagia pada 4 bulan kehamilan.
  15.   Jundallah - Para malaikat perang yang bertugas membantu nabi dalam peperangan.
  16.   As-Sijilli - Malaikat yang memberitahukan kepada Harut dan Marut tentang makhluk yang pernah membuat kerusakan dan pertumpahan darah dibumi.
  17.   Azh-Zhil - Malaikat yang mendampingi Nabi Ibrahim ketika berada dikobaran api
  18.   Ad-Dam'u - Malaikat yang selalu menangis jika melihat kesalahan manusia.
  19.   An-Nuqmah - Malaikat yang selalu berurusan dengan unsur api dan duduk disinggasana berupa nayala api, ia memiliki wajah kuning tembaga.
  20.   Ahlul Adli - Malaikat besar yang melebihi besarnya bumi besera isinya dikatakan ia memiliki 70 ribu kepala.
  21.   Malaikat berbadan api dan salju - Malaikat yang setengah badannya berupa api dan salju berukuran besar serta dikelilingi oleh sepasukan malaikat yang tidak pernah berhenti berzikir.
  22.   Ar-Ra'd - Malaikat pengatur awan dan hujan, ia mengaturnya dengan menggunakan petir sebagai cambuk
  23.   Penjaga matahari - Sembilan Malaikat yang menghujani matahari dengan salju.
  24.   Malaikat Rahmat - Para penyebar keberkahan, rahmat, permohonan ampun dan pembawa roh orang-orang shaleh, ia datang bersama dengan Malaikat Maut dan Malaikat `Adzab.
  25.   Malaikat `Azab - Para pembawa roh orang-orang kafir, zalim, munafik, ia datang bersama dengan Malaikat Maut dan Malaikat Rahmat.
  26.   Malaikat pegunungan - Malaikat yang menjaga pegunungan.
  27.   Malaikat Bayt al-Makmur - 70 ribu malaikat yang setiap hari masuk ke Bayt al-Makmur kemudian salat dan mereka tidak akan keluar dari dalam tempat tersebut.
  28.   Pengendali tali Neraka Jahannam - 70 ribu malaikat yang mengendalikan tali kekang Neraka Jahannam.
  29.   Pendoa manusia yang mendoakan saudaranya - Para malaikat yang berkata, "Aamiin (Ya Allah, kabulkanlah do’anya bagi saudaranya) dan engkau pun mendapatkan apa yang ia dapatkan", kepada orang yang mendoakan kebaikan saudaranya tanpa sepengetahuan mereka.
  30.   Penyampai doa pujian - Dua belas malaikat yang berebutan untuk menyampaikan doa pujian salah seorang sahabat nabi kepada Allah.
  31.   Penyaksi wafatnya sahabat nabi - 70 ribu malaikat yang menyaksikan wafatnya Sa'ad bin Muadz.
  32.   Pelindung dan pemberi dukungan orang beriman - Para malaikat yang pelindung orang-orang beriman ketika hidup didunia dan akherat, ketika orang beriman dalam keadaan sekarat mereka akan memberikan dukungan.
  33.   Pembeda haq dan bathil - Para malaikat yang ditugaskan untuk membedakan antara yang benar dan salah kepada manusia dan jin.
  34.   Penentram hati - Para malaikat yang mendoakan seorang mukmin untuk meneguhkan pendirian sang mukmin tersebut.
  35.   Penjaga pintu langit - Tujuh malaikat yang menjaga tujuh pintu langit. Mereka diciptakan oleh Allah sebelum Dia menciptakan langit dan bumi.
  36.   Pemberi salam ahli surga - Para malaikat yang memberikan salam kepada para penghuni surga.
  37.   Pemohon kerahmatan (belas kasih)
  38.   Pemohon ampunan orang beriman - Para malaikat yang terdapat disekeliling 'Arsy yang memohonkan ampunan bagi kaum yang beriman.
  39.   Pemohon ampunan manusia di bumi - Para malaikat yang bertasbih memuji Allah dan memohonkan ampun bagi orang-orang yang ada di bumi.
  40.   Pemohon ampunan para lelaki yang salat di masjid - Para malaikat yang mendoakan ampunan bagi para lelaki yang ikhlas salat berjamaah di masjid.
  41.   Pemohon ampunan pembesuk orang sakit - 70 ribu malaikat yang mengiringi dan mendoakan ampunan bagi umat muslim yang membesuk orang sakit.
  42.   Pemohon ampunan orang yang bershalawat kepada Nabi - Para malaikat yang mendoakan ampunan bagi orang-orang yang bershalawat kepada Nabi Muhammad.
  43.   Pemohon ampunan orang yang mengajarkan kebaikan - Para malaikat yang mendoakan ampunan bagi orang yang mengajarkan kebaikan kepada sesama manusia.
  44.   Penghormat penuntut ilmu - Para malaikat yang berhenti terbang karena ingin mendengarkan ilmu atau menghormati orang yang mencari ilmu pengetahuan.
  45.   Pengatur urusan dunia - Malaikat yang mengatur urusan manusia didunia.
  46.   Pendengar bacaan Qur'an - Pendengar bacaan Qur'an manusia ketika salat - Para malaikat yang mendengarkan dan menelan bacaan Qur'an ketika manusia salat.
  47.   Pendengar bacaan sahabat nabi - Malaikat yang mendengarkan bacaan Qu'ran Usayd bin Hudhayr.
  48.   Pendo'a orang yang berinfaq dan orang kikir - Para malaikat yang berdoa setiap pagi dan sore untuk orang yang berinfaq dengan doa kebaikan dan penahan infaq dengan doa kehancuran.


Nama Malaikat Maut dikatakan Izrail, tidak ditemukan sumbernya baik dalam Al Quran maupun Hadits. Kemungkinan nama malaikat Izrail didapat dari sumber Israiliyat. Dalam Al Qur'an dia hanya disebut Malak al-Maut atau Malaikat Maut.


Malaikat Jibril, walau namanya hanya disebut dua kali dalam Al Qur'an, ia juga disebut di banyak tempat dalam Al Qur'an dengan sebutan lain seperti Ruh al-Qudus, Ruh al-Amin/ Ar-Ruh Al-Amin dan lainnya.


Dari nama-nama malaikat di atas ada beberapa yang disebut namanya secara spesifik di dalam Al Qur'an, yaitu Jibril (QS 2 Al Baqarah: 97,98 dan QS 66 At Tahrim: 4), Mikail (QS 2 Al Baqarah: 98) dan Malik (QS Al Hujurat) dan lain-lain. Sedangkan Israfil, Munkar dan Nakir disebut dalam Hadits.


Sifat Malaikat


Sifat-sifat malaikat yang diyakini oleh umat Islam adalah sebagai berikut:

  • Selalu bertasbih siang dan malam tidak pernah berhenti.
  • Suci dari sifat-sifat manusia dan jin, seperti hawa nafsu, lapar, sakit, makan, tidur, bercanda, berdebat, dan lainnya.
  • Selalu takut dan taat kepada Allah.
  •  Tidak pernah maksiat dan selalu mengamalkan apa saja yang diperintahkan-Nya.
  •   Mempunyai sifat malu.
  • Bisa terganggu dengan bau tidak sedap, anjing dan patung.
  •  Tidak makan dan minum.
  •  Mampu mengubah wujudnya.
  • Memiliki kekuatan dan kecepatan cahaya. 


Malaikat tidak pernah lelah dalam melaksanakan apa-apa yang diperintahkan kepada mereka. Sebagai makhluk ghaib, wujud Malaikat tidak dapat dilihat, didengar, diraba, dicium dan dirasakan oleh manusia, dengan kata lain tidak dapat dijangkau oleh panca indera, kecuali jika malaikat menampakkan diri dalam rupa tertentu, seperti rupa manusia. Ada pengecualian terhadap kisah Muhammad yang pernah bertemu dengan Jibril dengan menampakkan wujud aslinya, penampakkan yang ditunjukkan kepada Muhammad ini sebanyak 2 kali, yaitu pada saat menerima wahyu dan Isra dan Mi'raj.


Beberapa nabi dan rasul telah di tampakkan wujud malaikat yang berubah menjadi manusia, seperti dalam kisah Ibrahim, Luth, Maryam, Muhammad dan lainnya.






Fallen Angel (Malaikat yang jatuh/turun dari surga) dalam Kristen dan Yahudi



Berbeda dengan ajaran Kristen dan Yahudi, Islam tidak mengenal istilah "Malaikat Yang Terjatuh" (Fallen Angel). Azazil yang kemudian mendapatkan julukan Iblis, adalah nenek moyang Jin, seperti Adam nenek moyang Manusia. Jin adalah makhluk yang dicipta oleh Allah dari 'api yang tidak berasap', sedang malaikat dicipta dari cahaya.


Pada mulanya semua malaikat diciptakan dalam kondisi baik, kudus dan tanpa cela (Yeh. 28:15). Namun ada sebagian malaikat yang telah jatuh yaitu memilih untuk memberontak terhadap Allah. Malaikat yang jatuh ini disebut sebagai setan, dan kemungkinan di antaranya adalah Kerub (Yeh. 28:14).


Mengenai saat kejatuhan malaikat, Alkitab tidak memberi petunjuk, mungkin terjadi antara ayat Kej.1:1-2, namun tidak jelas dikatakan. Yang jelas, Iblis sudah digambarkan keberadaannya pada Kej.3 ketika mulai mencobai Adam dan Hawa. Ada yang menyebutkan bahwa kejatuhannya digambarkan sebagai kejatuhan raja Tirus dalam Yeh.28:12-19 (band. Bintang Timur Putra Fajar dalam Yes.14:12-14). Setan semula berada dalam kebenaran lalu jatuh (Yoh.8:44). Kejatuhannya (Luk.10:18) kelihatannya bersamaan dengan kajatuhan malaekat (2Ptr.2:4; Yud.6).


Penyebab kejatuhan Iblis terutama adalah kesombongan (1Tim.3:6; Yeh.28:15,17), kesombongan untuk naik tahta bersama malaekat-malaekat yang jatuh (Mat.25:41), dari kedudukannya semula sebagai malaekat terang (2Kor.11:14).


Malaikat yang jatuh melawan maksud Tuhan (Dan.10:10-14), menyesatkan umat percaya (Luk.13:16; Mat.17:15-16), menjalankan maksud Setan (Mat.25:21;12:26-27), mengganggu kehidupan rohani umat pilihan Allah (Efs.6:12), dan berusaha membujuk dan menyesatkan umat percaya (1Sam.28:7-20).


Tuhan tidak akan membiarkan malaikat yang jatuh, melainkan sudah tersedia hukuman atas kesalahan dan dosa mereka. Dalam Yud.6; 2Ptr.2:4; Mat.25:41, dapat diketahui bahwa tidak ada kesempatan bertobat dan penebusan bagi malaikat yang jatuh. Nasib akhir mereka adalah pemusnahan dalam api yang kekal. Dalam 1 Kor.6:3 kelihatannya para orang suci akan ikut dalam menghakimi malaikat yang jatuh.



Nama-nama Fallen Angel (sebagian ada dalam lesser key of Solomon, lesser key of Solomon adalah 72 iblis yang ditaklukan oleh Solomon/Sulaiman dan disegel)


1.              Abaddon - fallen angel pembawa maut yang namanya berarti "menghancurkan."

2.              Abezethibou – fallen angel bersayap merah dan satu.

3.              Allocen - malaikat yang merupakan adipati di neraka.

4.              Amduscias - nama fallen angel yang muncul sebagai unicorn.

5.              Amon -  fallen angel yang merupakan Marquis, punya lebih dari 40 legiun.

6.              Amy – fallen angel yang merupakan presiden di neraka.

7.              Andras – muncul seperti kepala gagak.

8.              Andrealphus - dapat mengubah manusia menjadi burung.

9.              Andromalius - muncul sebagai seorang pria memegang ular.

10.          Apollyon -  malaikat maut, sama seperti Abaddon.

11.          Armaros - fallen angel yang mengajarkan  pesona.

12.          Asmoday - Raja dengan tiga kepala: banteng, seekor domba jantan, dan seorang pria.

13.          Asmodeus - salah satu yang paling jahat dari malaikat yang jatuh, menjadi archdemon.

14.          Astaroth - fallen angel yang merupakan Duke besar di neraka.

15.          Azael - jahat, fallen angel yang hidup dengan perempuan.

16.          Azazel – fallen angel  yang namanya berarti “penentang kekuatan Allah” dalam Islam disebut Iblis.

17.          Azza - fallen angel yang namanya berarti "yang kuat."

18.          Baal - fallen angel yang namanya berarti "Tuhan palsu."

19.          Balam – fallen angel  yang tampak seperti Asmoday dengan ekor ular.

20.          Balberith - fallen angel yang adalah Paus besar di neraka.

21.          Baraqijal - fallen angel yang mengajar astrologi.

22.          Barbatos -fallen angel yang merupakan jumlah yang besar dan adipati neraka.

23.          Bathin – fallen angel berupa seperti kuda pucat.

24.          Beelzebub - fallen angel dikenal sebagai "penghulu setan."

25.          Behemoth - fallen angelyang namanya berarti adalah "iblis dari dalam."

26.          Beleth - fallen angel yang namanya berarti “raja yang mengerikan” punya lebih dari 85 legiun.

27.          Belial - fallen angel menipu indah yang namanya berarti "yang tidak layak."

28.          Belphegor - fallen angel yang namanya berarti "tuan pembukaan."

29.          Berit - fallen angel ...

30.          Bernael - fallen angel dari kegelapan dan kejahatan.

31.          Bifrons - fallen angel yang muncul mengerikan dan mengajarkan seni matematika.

32.          Botis - fallen angel yang muncul sebagai viper.

33.          Buer - fallen angel yang mengajarkan filsafat, logika dan etika.

34.          Bune - fallen angel yang muncul sebagai naga dengan tiga kepala.

35.          Caim - fallen angel yang muncul sebagai pria dengan pedang.

36.          Dantanian - fallen angel yang muncul sebagai seorang pria dengan banyak wajah.

37.          Decarabia - fallen angel yang muncul sebagai bintang dalam pentakel.

38.          Eligor - fallen angel yang muncul sebagai ksatria yang baik dengan tombak.

39.          Enepsigos - fallen angel yang muncul dalam bentuk perempuan.

40.          Flauros - fallen angel yang muncul sebagai macan tutul.

41.          Focalor - fallen angel yang muncul sebagai seorang pria dengan sayap griffin.

42.          Forcas - fallen angel yang mengajar logika dan etika.

43.          Forneus – fallen angel yang muncul sebagai raksasa laut.

44.          Furcas - fallen angel yang muncul sebagai pria yang kejam dengan jenggot panjang.

45.          Furfur - fallen angel yang muncul sebagai hart dengan ekor yang berapi-api.

46.          GAAP - fallen angel yang muncul sebagai seorang pria dengan sayap kelelawar.

47.          Gadreel - fallen angel yang namanya berarti "Tuhan adalah penolong saya."

48.          Gamygyn - fallen angel yang muncul sebagai kuda kecil.

49.          Glasyalabolas - malaikat yang jatuh yang muncul sebagai anjing bersayap.

50.          Gomory - fallen angel yang muncul sebagai seorang wanita naik unta yang indah.

51.          Gusion - fallen angel yang bisa membedakan masa lalu, sekarang atau masa depan.

52.          Hagenti - fallen angel yang muncul sebagai banteng dengan sayap griffin.

53.          Halpas - fallen angel yang muncul sebagai bangau.

54.          Imamiah - fallen angel yang mengatur pelayaran.

55.          IPO - fallen angel yang muncul sebagai malaikat dengan kepala singa.

56.          Kokabiel - Fallen angel yang namanya berarti "bintang Allah."

57.          Kunopegos - fallen angel yang muncul sebagai kuda laut dan tenggelam kapal.

58.          Lahash - fallen angel yang mengganggu kehendak ilahi.

59.          Lerajie - fallen angel yang muncul sebagai seorang pemanah dalam warna hijau.

60.          Leviathon - fallen angel yang terkait dengan laut dalam.

61.   Lillith - fallen angel perempuan yang mencari anak-anak untuk menculik atau membunuh.

62.          Lix Tetrax - fallen angel angin.

63.          Lucifer - sebenarnya seorang raja Babel yang namanya berarti "pembawa terang."

64.          Malpas - fallen angel yang muncul sebagai burung gagak.

65.          Marbas - fallen angel yang muncul sebagai singa.

66.          Marchosias - fallen angel yang muncul sebagai serigala betina dengan sayap griffin.

67.          Mastema - Fallen angel yang namanya berarti "permusuhan."

68.          Mephistopheles - fallen angel, namanya berarti "dia yang tidak menyukai cahaya."

69.          Morax - fallen angel yang muncul sebagai banteng.

70.          Naama - fallen angel pencetus prostitusi yang namanya berarti "menyenangkan."

71.          Naberius - fallen angel yang muncul sebagai ayam berkokok.

72.          Obyzouth - fallen angel perempuan yang membunuh bayi yang baru lahir.

73.          Onoskelis - fallen angel perempuan yang tinggal di gua-gua dan penyimpang pria.

74.          Orias - fallen angel yang muncul sebagai singa dengan ekor ular.

75.          Ornias - fallen angel yang mengganggu dan dapat membentuk-shift.

76.          Orobas - fallen angel yang muncul sebagai kuda.

77.          Ose - fallen angel yang muncul sebagai macan tutul dan merupakan presiden di neraka.

78.          Paimon - fallen angel yang muncul sebagai seorang pria dimahkotai pada unta.

79.          Penemuel - fallen angel yang merusak umat manusia melalui tulisan.

80.          Pharzuph - fallen angel percabulan dan hawa nafsu.

81.          Phoenix - fallen angel yang muncul sebagai burung phoenix.

82.          Procel - fallen angel yang bisa berbicara tentang hal-hal yang tersembunyi dan rahasia.

83.          Purah - fallen angel yang mengajarkan sulap.

84.          Purson - fallen angel yang muncul sebagai seorang pria berkepala singa pada beruang.

85.          Qemuel - fallen angel yang dihancurkan oleh Tuhan.

86.          Rahab - fallen angel mengajarkan kebanggaan yang namanya berarti "kekerasan."

87.          Raum - fallen angel yang muncul sebagai burung gagak.

88.          Ronobe - Fallen angel yang adalah raksasa yang mengajar retorika dan seni.

89.          Ruax -  fallen angel penyebar sakit kepala.

90.          Sabnack - fallen angel yang muncul sebagai seorang prajurit dengan kepala singa.

91.          Saleos - fallen angel yang muncul sebagai seorang prajurit pada buaya.

92.          Samael – fallen angel yang jahat yang namanya berarti "Tuhan buta."

93.          Satan - christian fallen angel yang namanya berarti "musuh."

94.          Seere - fallen angel yang muncul sebagai seorang pria di atas kuda bersayap.

95.          Semyaza - pemimpin fallen angel dan salah satu anak-anak Allah.

96.          Shax - fallen angel yang muncul sebagai bangau, pencuri uang.

97.          Solas - fallen angel yang muncul sebagai gagak dan mengajarkan astronomi.

98.          Sorath - fallen angel beberapa yang jumlahnya 666.

99.        Sytry - fallen angel, muncul sebagai seorang pria dengan sayap griffin dan kepala macan tutul.

100.       Uzza - Fallen angel yang namanya berarti "kekuatan."

101.       Valac - fallen angel yang muncul sebagai seorang anak kecil dengan sayap di naga.

102.       Valefor - fallen angel yang muncul seperti singa berkepala banyak.

103.       Vapula - fallen angel yang terampil dalam kerajinan, sains dan filsafat.

104. Vassago - fallen angel yang menemukan segala sesuatu yang hilang atau disembunyikan.

105.       Vepar - fallen angel yang muncul sebagai putri duyung.

106.       Vine - fallen angel dan muncul sebagai singa duduk di atas kuda hitam.

107.       Vual - fallen angel yang muncul sebagai unta besar.

108.       Apsintus - malaikat yang jatuh yang membawa malapetaka pada Bumi.

109.       Xaphan - fallen angel yang mengobarkan api neraka.

110.    Zagan - fallen angel yang dapat mengubah hal-hal, tampak seperti banteng dengan sayap.

111.       Zepar - fallen angel yang membuat wanita menyukai pria/sebaliknya.







--





Sumber:

Wikipedia






Kategori:

Bagikan:

1 komentar