Imlek Imlek

Hai haai...

Pertama-taman, selamat tahun baru Imlek.. Gong Xi.. Gong Xi... Tahun ular nih.. Saya sendiri sih sebenarnya nggak ngerayain Imlek, karena saya bukan orang Cina. Tapi saya suka kemeriahan Imlek. Saya suka kembang api, saya suka barongsai, suka lampion-lampion yang mewarnai hingga sudut pecinan, suka angpao.. *ngarep ada yang ngasih.. Hihihihii...



Malam Imlek kemarin yang jatuh pada tanggal 9 Februari 2013, saya bersama suami tercintaah Irfan Murdianto alias Didi the Gross (harus disebut nama band kebanggannya) pergi bersama komunitas yang baru. Nama komunitas itu adalah Komunitas Jelajah Budaya pimpinan Kartum Setiawan. Komunitas Jelajah Budaya yang disingkat menjadi KJB itu berbasis di Museum Bank Mandiri Kota. Saya ikut tour Pecinan Glodok dengan start dari Museum Bank Mandiri, lalu kami dengan berjalan kaki beramai-ramai berbekal aqua botol dan roti buaya khas Betawi kami menuju Pintu Kecil. Tahukah kamu dulu di Batavia itu ada tembok besar seperti benteng yang membatasi kota Batavia yang mana orang pribumi tidak boleh masuk. Kamu tahu nggak siapa yang meruntuhkan tembok besar itu? Ayo tebaak.. Ayoo.. (Pasti langsung pada googling niih.. Hihihihi...)..

Setelah dari Pintu Kecil, kami menuju Pasar Pagi Lama, di sana banyak ruko-ruko khas Cina pada tempo dulu. Pssstt... Konsep ruko atau rumah toko itu sudah ada dari jaman dulu loh, lantai 1 dijadikan toko, lantai 2 dijadikan rumah.. 

Dari Pasar Pagi Lama, kami menuju Rumah Pasar Gelap, Toko Obat Lay An Tong, Toko Tiga, Gedung Tiong Hoa Hwee Koan, Rumah Keluarga Souw Beng Kong, Klenteng Arya Marga, Klenteng Tang Seng Ong, Klenteng Toa Se Bio, Klenteng Kim Tek Le dan Gereja Maria de Fatima.

Banyak kan tour nya??

Saya walau warga Jakarta (Ih ngaku-ngaku, KTP nya kan udah Bekasi ikut suami.. Hihihihi...) Tapi saya nggak tau di Jakarta begitu banyak warisan sejarah yang sebenarnya bisa kita kunjungi dan menjadi tempat edukasi bagi adik, anak atau diri kita sendiri. 

Next time, saya ingin mengeksplorasi Jakarta dan pelosoknya yang belum saya ketahui.. Hmm.. Kemana yaa... Kepinginnya sih uka-uka bareng bersama tim Petualang Uka-Uka ke museum Bank Mandiri dan Museum Fatahillah. Masih jadi PR niiih...

Semangat tahun baru..


Deb, foto-fotonya mana??

 Kelenteng Bakti Dharma




Eh iya... Nyusul yaaa.. ;)





Bagikan:

0 komentar