Perempuan, wajibkah bekerja?

Beberapa hari ini saya terkena dilema berat, di kantor saya terpanggil untuk melaksanakan tugas belajar semi militer yang disebut dengan samapta. Sudah jadi kewajiban sebagai pegawai Direktorat Jenderal Bea dan Cukai untuk mengikuti samapta ini. Samapta adalah sejenis pelatihan militer yang hampir seluruhnya menguji fisik dan mental. Pada samapta, peserta akan diajarkan dari cara memegang senjata hingga menembakkannya, juga diajarkan baris berbaris layaknya militer. Selain itu samapta juga akan melatih fisik dengan push up, sit up, lari, nyebur dalam got, dll. 

Sudah menjadi persyaratan samapta adalah peserta diisolasikan dalam barak/mess selama lima minggu dan tidak boleh terhubung dengan dunia luar termasuk keluarga kita. Peserta tidak boleh menerima telepon apalagi bisa menelepon selama pelatihan samapta. Ini mengakibatkan sungguh beratnya pelatihan apalagi yang sudah berkeluarga seperti saya.

Saya pribadi kalau boleh memilih saya tidak mau menjalani samapta, tapi apa boleh buat sudah tugas saya sebagai pegawai Bea dan Cukai untuk menjalani pelatihan ini, saya tak punya pilihan lain yang lebih manusiawi. Saya tidak sanggup harus meninggalkan anak saya yang masih bayi, meninggalkan suami dan keluarga saya. 

Dalam hadist Rasulullah banyak disebutkan bahwa perempuan seharusnya mengutamakan keluarga, merawat dan mengasuh anak dibanding pekerjaan. Apalagi perempuan tidak diwajibkan untuk bekerja. Andai saya bisa memilih, saya ingin sekali tidak bekerja, saya ingin di rumah saja mengurus suami dan anak saya. Tapi keadaan ekonomi kami sangat tidak memungkinkan, apalagi saya banyak utang yang menuntut saya untuk tetap bekerja demi melunasi utang-utang dan membantu beban suami.

Saya sering berpikir ketika melihat tukang becak, penjaja sayur mayur di pasar, atau tukang sapu di jalanan. Mereka bisa hidup menjalani keadaan ala kadarnya, mereka masih bisa makan, mereka tak takut akan kerasnya hidup. Dan yang terutama mereka masih bisa berkumpul dengan keluarga.

Saya merasa iri, andai saja saya tidak terlibat utang begitu banyak, saya ingin sekali resign dari kantor ini, saya ingin membuka usaha yang saya sukai, saya jadi banyak waktu luang untuk anak dan suami saya. Setiap hari saya berangkat kantor jam 6 pagi, pulang kantor jam 6 sore, 12 jam saya berada di luar rumah, lalu saya beres-beres hingga jam 7-8 malam, barulah saya jam 8 malam bisa memeluk dan tidur dengan anak saya, itu juga kalau anak saya masih belum tidur saya masih bisa bercanda dengannya, tapi jika sudah tidur saya hanya bisa bermain dengannya sekitar 15 menit di pagi hari sebelum saya berangkat kerja. 

Saya hampir tak punya waktu yang berkualitas dengan anak saya, sehingga setiap hari saya selalu tak sabar diri menunggu waktu akhir pekan, karena saya ingin bermain dengan anak dan suami saya. Saya mendapati diri saya sering merasa sepi walau berada di kantor, di tempat keramaian sekali pun.

Lalu saya berkontemplasi diri, kemanakah diri saya selama ini, saya tidak mau tahu-tahu sadar diri bahwa saya sudah banyak menghabiskan waktu di luar rumah, sibuk mencari uang dan tak ada waktu untuk anak dan keluarga. 

Dalam hadist-hadist Rasulullah Saw banyak yang menyatakan bahwa perempuan hendaknya di rumah, jika ingin keluar rumah dengan ijin suami. Dan sudah dalam kodrat perempuan, bahwa kewajibannya adalah di rumahnya, menjalankan segala aktivitas rumah tangga, mengasuh dan merawat anak, merawat dan melayani suami dengan sebaik-baiknya, keutamaan yang tidak bisa dibeli dan dibandingkan dengan kesuksesan karirnya,  seperti dalam surat An Nissa ayat 34 dikatakan bahwa ‘Kaum laki-laki adalah pemimpin bagi kaum wanita’, maka yang wajib mencari nafkah adalah suaminya bila si perempuan telah menikah, dan walinya bila belum menikah.

Walau emansipasi sudah berkembang jauh, saya masih tetap berpegang teguh pada ajaran agama yang saya anut, ini kembali kepada diri saya, saya semakin menjadi tak bisa menjalani pekerjaan sepenuh hati, karena semakin berat langkah saya meninggalkan anak. Semakin pedih hati saya merindukan anak.

Satu-satunya pengharapan saya adalah agar utang-utang saya segera lunas, dan suami saya mendapatkan pekerjaan yang mapan, yang mencukupi kebutuhan keluarga kami, sehingga saya dapat segera resign dari kantor ini. Saya tak mampu membohongi hati, bahwa kesuksesan karir dan sebagainya mampu membahagiakan saya, tak ada kebahagiaan luar biasa yang saya rasakan selain bisa berkumpul dengan keluarga tanpa harus berpisah jauh apalagi meninggalkannya berminggu-minggu demi kemajuan karir yang hanya semu. Pahala saya, jihad saya ada pada keluarga, di mana saya memenuhi kewajiban sebagai istri dan ibu, yang sudah tertulis jelas dalam kitab suci agama saya.


Bagikan:

11 komentar

  1. Hello semua orang sila berhati-hati dalam mendapatkan pinjaman di sini, jadi banyak pemberi pinjaman pinjaman di sini adalah semua penipu dan mereka hanya di sini untuk penipuan anda off wang anda, saya memohon pinjaman kira-kira 200 juta dan saya telah diminta untuk membayar sedikit yuran dan i dibayar, mereka meminta lagi dan lagi, i dibayar hampir 9 juta masih i tidak mendapat pinjaman, ia Berlaku kepada saya kira-kira 5 kali dari firma pinjaman yang berbeza, i yang i akan bertemu satu yang betul tetapi saya tidak. Untuk Allah kemuliaan yang saya bertemu seorang rakan yang hanya digunakan pada pinjaman dan dia mendapat pinjamannya tanpa tekanan, jadi dia memperkenalkan saya kepada Puan Dewi Ahmad Dewi Ahmad Pinjaman Firm, i digunakan untuk 700 juta, saya fikir ia adalah jenaka dan penipuan, tetapi saya mendapat pinjaman saya dalam masa kurang daripada 24 jam dalam hanya 2% tanpa cagaran. i sangat gembira kerana saya telah menyelamatkan daripada mendapat miskin. jadi saya nasihatkan semua orang di sini yang memerlukan pinjaman untuk menghubungi Puan Dewi dan saya memberi jaminan kepada anda bahawa anda akan mendapat pinjaman anda. e-mel beliau adalah dewiahmad.loanfirm@gmail.com
    anda masih boleh menghubungi saya jika anda memerlukan maklumat lanjut dan bantuan di cindyreza98@gmail.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. ,,.,KISAH NYATA ,,,,,,,
      Aslamu alaikum wr wb..Allahu Akbar, Allahu akbar, Allahu akbar
      Bismillahirrahamaninrahim,,senang sekali saya bisa menulis dan berbagi kepada teman2 melalui room ini, sebelumnya dulu saya adalah seorang pengusaha dibidang property rumah tangga dan mencapai kesuksesan yang luar biasa, mobil rumah dan fasilitas lain sudah saya miliki, namun namanya cobaan saya sangat percaya kepada semua orang, hingga suaatu saat saya ditipu dengan teman saya sendiri dan membawa semua yng saya punya, akhirnya saya menaggung utang ke pelanggan saya totalnya 470 juta dan di bank totalnya 800 juta , saya stress dan hamper bunuh diri anak saya 2 orng masih sekolah di smp dan sma, istri saya pergi entah kemana dan meninggalkan saya dan anakanaknya ditengah tagihan utang yg menumpuk, demi makan sehari hari saya terpaksa jual nasi bungkus keliling dan kue, ditengah himpitan ekonomi seperti ini saya bertemu dengan seorang teman dan bercerita kepadanya, Alhamdulilah beliau memberikan saran kepada saya, dulu katanya dia juga seperti saya stelah bergabung dengan KI JAMBRONG hidupnya kembali sukses, awalnya saya ragu dan tidak percaya tapi selama satu minggu saya berpikir dan melihat langsung hasilnya, saya akhirnya bergabung dan menghubungi KI JAMBRONG di No 0853-1712-1219. Semua petunjuk AKI saya ikuti dan hanya 3 hari Astagfirullahallazim, Alhamdulilah Demi AllAH dan anak saya, akhirnya 5M yang saya minta benar benar ada di tangan saya, semua utang saya lunas dan sisanya buat modal usaha, kini saya kembali sukses terimaksih KI JAMBRONG saya tidak akan melupakan jasa AKI. JIKA TEMAN TEMAN BERMINAT, YAKIN DAN PERCAYA INSYA ALLAH, SAYA SUDAH BUKTIKAN DEMI ALLAH SILAHKAN HUB KI JAMBRONG DI 0853-1712-1219. (TANPA TUMBAL/AMAN).

      Hapus
  2. Persetujuan pinjaman dan Pendaftaran.
    Penerima: Adrian Serang
    Tanggal persetujuan 2016/09/17
    Didukung Jumlah: Rp400.000.000
    Disetujui: Persetujuan Ety departemen PAP {}
    Verifikasi / Diproduksi oleh Dr.DESMOND O.J
    nomor persetujuan: Fas / Kredit / Aprvd / Rc245-AK

    Jadi Anda disarankan untuk membayar biaya pendaftaran Rp750,000 untuk pendaftaran pinjaman Anda ke Departemen Pendaftaran dan saran lebih bahwa sekali Anda berada dalam perjanjian dengan kami, Anda harus mengirimkan rincian bank Anda dan informasi bagi kita untuk mulai transfer proses pinjaman Anda ke rekening bank Anda.
    pinjaman Anda akan dikirim ke akun Anda 1 jam setelah pendaftaran Anda telah diverifikasi
    Harap memberikan rincian rekening bank Anda dalam formulir di bawah.
    Nama Bank :
    Alamat bank:
    Nama akun:
    Tipe akun :
    Nomor akun :
    Kami sekarang menunggu respon cepat Anda.
    Hormat kami,
    (C.E.O.)
    ISABEL PINJAMAN PERUSAHAAN.
    mrs Isabel

    BalasHapus
  3. Anda memiliki hutang, atau yang Anda menolak pinjaman di bank? Tim kami akan membantu dalam memecahkan masalah Anda dengan tingkat bunga 2%. Kami merekomendasikan pinjaman cepat untuk tujuan apapun. Hanya ID card, akte kelahiran dan foto Anda, verifikasi cepat, formalitas minimum, akseptabilitas tinggi proposal dan keputusan kredit dalam waktu kurang dari 24 jam Tanpa perlu memberikan bukti pendapatan. Kami punya jumlah pinjaman tinggi hingga 5 miliar dari mata uang di dunia periode pembayaran kami adalah dari 6 bulan sampai 20 tahun. Tidak ada pemeriksaan kredit atau sejarah kredit. Datang kepada kami, kami menangani semuanya dalam satu hari.
    Hubungi kami hari ini melalui email kami: dewiahmad.loanfirm@gmail.com

    BalasHapus
  4. Kami adalah perusahaan yang terdaftar, meminjamkan uang kepada orang-orang yang membutuhkan bantuan keuangan mendesak, dan mereka yang telah ditolak kredit dari sana bank karena skor rendah kredit, pinjaman bisnis, pinjaman Pendidikan, mobil pinjaman, kredit rumah, kredit perusahaan (dll), atau untuk membayar utang buruk atau tagihan, atau yang telah scammed oleh pemberi pinjaman sebelum uang palsu? Selamat, Anda berada di tempat yang tepat, dapat diandalkan Pinjaman Perusahaan Ibu Kelly untuk memberikan pinjaman dengan tingkat bunga yang sangat rendah dari 2% telah datang untuk mengakhiri semua masalah keuangan Anda sekali dan untuk semua, untuk informasi lebih lanjut dan pertanyaan hubungi kami melalui email perusahaan kami: kellywoodloanfirm@gmail.com
    Terima kasih
    Terima kasih dan Tuhan memberkati
    Ibu kelly
    KELLYWOODLOANFIRMLTD
    kellywoodloanfirm@gmail.com

    BalasHapus
  5. Halo, saya Mrs Maureen Martins, pemberi pinjaman pinjaman pribadi. Apakah Anda dalam utang yang buruk? Anda ingin memperluas bisnis Anda, membayar tagihan Anda, renovasi rumah, atau jika Anda memerlukan bantuan keuangan. Kami memberikan pinjaman dengan bunga 2% kepada individu dan perusahaan di bawah syarat dan kondisi yang dipahami.
    hubungi kami melalui email:
    (Maureenmartinsloanfirm@gmail.com)
    MAUREENMARTNSLOANIRM

    BalasHapus
  6. Hello semua orang sila berhati-hati dalam mendapatkan pinjaman di sini, jadi banyak pemberi pinjaman pinjaman di sini adalah semua penipu dan mereka hanya di sini untuk penipuan anda off wang anda, saya memohon pinjaman kira-kira 200 juta dan saya telah diminta untuk membayar sedikit yuran dan i dibayar, mereka meminta lagi dan lagi, i dibayar hampir 9 juta masih i tidak mendapat pinjaman, ia Berlaku kepada saya kira-kira 5 kali dari firma pinjaman yang berbeza, i yang i akan bertemu satu yang betul tetapi saya tidak. Kepada Allah menjadi Glory yang saya bertemu seorang rakan yang hanya digunakan pada pinjaman dan dia mendapat pinjamannya tanpa tekanan, jadi dia memperkenalkan saya kepada Puan Dewi Ahmad Dewi Ahmad Pinjaman Firm, i digunakan untuk 300 juta, saya fikir ia adalah jenaka dan penipuan, tetapi saya mendapat pinjaman saya dalam masa kurang daripada 24 jam dalam hanya 2% tanpa cagaran. i sangat gembira kerana saya telah menyelamatkan daripada mendapat miskin. jadi saya nasihatkan semua orang di sini yang memerlukan pinjaman untuk menghubungi Puan Dewi dan saya memberi jaminan kepada anda bahawa anda akan mendapat pinjaman anda. e-mel beliau adalah dewiahmad.loanfirm@gmail.com
    anda masih boleh menghubungi saya jika anda memerlukan maklumat lanjut dan bantuan di cindyreza98@gmail.com

    BalasHapus
  7. halo semua kita Dewi Ahmad pemberi pinjaman perusahaan pinjaman dapat diandalkan dan dipercaya selama lebih dari 46 tahun di bidang pinjaman yang Anda seorang pengusaha yang Anda pedagang atau Anda memiliki perusahaan yang yang untuk memperbesar pantai atau Anda memiliki mimpi untuk membangun kredit Anda bisnis, akan ketidakstabilan keuangan benar atau Anda di mana menolak pinjaman oleh bank kemudian mencari tahu sebagai Dewi Ahmad lender menawarkan pinjaman dari semua jenis pada tingkat yang paling menarik dari 2% untuk semua jenis kredit dan ke setiap tempat di dunia dan kami memberikan out hingga 5 miliar dari mata uang di dunia jangan lewatkan kesempatan ini untuk mencapai impian keuangan Anda hanya dengan tingkat bunga 2% dan dewi pemberi pinjaman akan memberikan mimpi keuangan Anda menjadi kenyataan hubungi kami hari ini untuk aplikasi pinjaman Anda di
    (Dewiahmad.loanfirm@gmail.com) untuk formulir aplikasi pinjaman Anda hari ini dan akan mendapatkan setiap hal yang dilakukan dalam waktu kurang dari 24 jam
    terima kasih untuk dukungan Anda Tuhan memberkati AndaS

    BalasHapus
  8. halo semua kita Dewi Ahmad pemberi pinjaman perusahaan pinjaman dapat diandalkan dan dipercaya selama lebih dari 46 tahun di bidang pinjaman yang Anda seorang pengusaha yang Anda pedagang atau Anda memiliki perusahaan yang yang untuk memperbesar pantai atau Anda memiliki mimpi untuk membangun kredit Anda bisnis, akan ketidakstabilan keuangan benar atau Anda di mana menolak pinjaman oleh bank kemudian mencari tahu sebagai Dewi Ahmad lender menawarkan pinjaman dari semua jenis pada tingkat yang paling menarik dari 2% untuk semua jenis kredit dan ke setiap tempat di dunia dan kami memberikan out hingga 5 miliar dari mata uang di dunia jangan lewatkan kesempatan ini untuk mencapai impian keuangan Anda hanya dengan tingkat bunga 2% dan dewi pemberi pinjaman akan memberikan mimpi keuangan Anda menjadi kenyataan hubungi kami hari ini untuk aplikasi pinjaman Anda di
    (Dewiahmad.loanfirm@gmail.com) untuk formulir aplikasi pinjaman Anda hari ini dan akan mendapatkan setiap hal yang dilakukan dalam waktu kurang dari 24 jam
    terima kasih untuk dukungan Anda Tuhan memberkati AndaS

    BalasHapus
  9. Aku indriaty manirjo, saya ingin bersaksi pekerjaan yang baik dari Allah dalam hidup saya kepada orang-orang saya yang mencari untuk pinjaman di Asia dan bagian lain dari kata, karena ekonomi yang buruk di beberapa negara. Apakah mereka orang yang mencari pinjaman di antara kamu? Maka Anda harus sangat berhati-hati karena banyak perusahaan pinjaman penipuan di sini di internet, tetapi mereka masih asli sekali di perusahaan pinjaman palsu. Saya telah menjadi korban dari suatu 6-kredit pemberi pinjaman penipuan, saya kehilangan begitu banyak uang karena saya mencari pinjaman dari perusahaan mereka. Aku hampir mati dalam proses karena saya ditangkap oleh orang-orang dari utang saya sendiri, sebelum aku rilis dari penjara dan teman yang saya saya menjelaskan situasi saya kemudian memperkenalkan saya ke perusahaan pinjaman reliabl yang MAGRETSPENCERLOANCOMPANY. Saya mendapat pinjaman saya Rp850,000,000 dari MAGRETSPENCERLOANCOMPANY sangat mudah dalam 24 jam yang saya diterapkan, Jadi saya memutuskan untuk berbagi pekerjaan yang baik dari Allah melalui MAGRETSPENCERLOANCOMPANY dalam kehidupan keluarga saya. Saya meminta nasihat Anda jika Anda membutuhkan pinjaman Anda lebih baik kontak MAGRETSPENCERLOANCOMPANY. menghubungi mereka melalui email:. (magretspencerloancompany@gmail.com)
    Anda juga dapat menghubungi saya melalui email saya di (indriatymanirjo010@gmail.com) jika Anda merasa sulit atau ingin prosedur untuk memperoleh pinjaman.

    BalasHapus
  10. PELUANG LAIN LAGI, APAKAH ANDA USAHA MAN / WANITA, A PEKERJA DI ORGANISASI, Wiraswasta? Membutuhkan pinjaman pribadi untuk bisnis tanpa stres, Jika demikian, hubungi kami hari ini, kami menawarkan pinjaman tahun baru pada tingkat bunga rendah dari 2%, Anda dapat memulai tahun baru dengan senyum di wajah Anda, keselamatan, kebahagiaan kami pelanggan adalah kekuatan kita. Jika Anda tertarik, mengisi formulir aplikasi pinjaman di bawah ini:
    Informasi Peminjam:

    Nama lengkap: _______________
    Negara: __________________
    Sex: ______________________
    Umur: ______________________
    Jumlah Pinjaman Dibutuhkan: _______
    Durasi Pinjaman: ____________
    Tujuan pinjaman: _____________
    Nomor ponsel: ________

    Untuk informasi lebih lanjut silahkan hubungi kami sekarang melalui email: vicksheddylaoncompany@gmail.com

    BalasHapus