Just Opinion

Di jepang ada yakuza
Di hongkong ada triad
Di italia ada Mafioso
Di amrik ada hell angels
Di Indonesia??
--

Beberapa bulan ini pemberitaan media semakin meresahkan, begitu banyak media/wartawan yang menayangkan berita yang belum jelas dengan judul berisi propaganda.

Contohnya ketika saya menerima broadcast message berisi berita : Eksploitasi wali berjubah wali, yang menyertakan sebuah link menuju web Gatra yang memberitakan tentang kasus Habib H pemilik Majlis Taklim dan Dzikir NM. Lalu tak lama setelah itu, adalagi tentang Habib Rizieq Shihab pimpinan FPI, yang belum lama didemo Indonesia tanpa FPI oleh sejumlah masaa dan kemudian FPI 'membalasnya' dengan ramai-ramai mengadakan demo Indonesia tanpa Liberal.

Halow Indonesiaaah??

Sadarkah kalian rakyar Indonesia sedang diapakan? Yah mungkin inilah periode 'kiamat' 2012. Bukan dalam arti secara sebenarnya akan kiamat, maybe. Tapi dalam artian memang akan 'kiamat', tanpa disadari bangsa Indonesia tengah diacak-acak oleh someone or beberapa golongan yang bersatu untuk memecah kesatuan NKRI. Sementara di luar sana ada suatu golongan yang mulai terang-terangan akan berperang untuk mengukuhkan kedudukan mereka di mata dunia. Kita sebagai bangsa Indonesia malah sibuk sendiri perang dengan saudaranya se tanah air se bangsa dan satu negara. Tanpa disadari saat kita sudah lengah dan lemah, lelah karena ribut terus-terusan, saat kita berada di titik terlemah, saat itulah golongan itu datang dengan gagah perkasa menghancurkan, memporakpondakan negara ini. Dan akhirnya, kita-kita yang masih bertahan hanya bisa gigit jari dikebiri, ditindas, dikuasai dan menjadi budak mereka yang menguasai kita.

Sadarkah?

Kemarin saya menghadiri acara Maulid yang diadakan oleh PWNU DKI Jakarta di kantor Menpera Jakarta Selatan, beberapa ulama yang mengisi tausyiah dengan lantang menjelaskan bahwa kita sedang berada dalam titik rawan adu domba antar saudara, dengan menjadikan agama sebagai alat, cara itulah yang termudah membakar emosi manusia karena menyangkut keyakinan dan kemudian dipecah pertalian persaudaraannya dengan sesama bangsa Indonesia.

Saya sendiri sebagai orang Islam bingung. Ini kok sesama Islam pada ribut-ribut. Katanya Islam, cinta perdamaian tapi kok malah arogan memaksa pembenaran dan lalu mencap yang lain kafir dsb. Yang saya tahu orang Islam itu hanya rukun Islam saja, saya tak suka mencap orang kafir, orang garis keras, atau terlalu semangat meng-Islam-kan orang non Islam, karena saya pernah mendengar suatu kalimat dari Habib yang saya hormati, bahwa takkan bisa orang masuk Islam tanpa hidayah dari Allah, jadi kita sebaiknya hanya memberitahu, bukan memaksa, bukan mengarahkan secara paksa, bukan meminta, tapi bila ada orang ingin masuk Islam biarlah mereka yang datang sendiri mencari tahu tentang Islam bukan kita harus dengan kekerasan dan meng-Islam-kan mereka. Bukankah hal yang manusiawi ketika kita lapar kita akan mencari makan, ketika kita haus akan mencari air, begitu pun ketika kita kosong jiwanya, merasa Islam bisa mengisi kekosongan jiwa kita, maka secara naluriah kita akan mencari Islam sebagai pengisi kekosongan jiwa. Maka jika ada orang yang 'terpanggil' masuk Islam dia akan mencari sendiri Islam tersebut, sama halnya ketika kita terpanggil naik haji, maka Allah akan memberi rejeki atau jalan tak terduga untuk naik haji. Daripada ribu-ribut yang satu keras, yang satu bebas sekali, yang satu menghalalkan alkohol, yang satu mengharamkan alkohol yang mending bisa dilihatlah mana yang menurut anda benar saja tapi tak perlu melebarkan apa yang anda yakini itu dengan memaksakan ke orang lain. Punya keyakinan yang diam-diam saja, tak perlu pamer-pamer ke orang lain.

Lalu saya membaca salah satu blog pembawa acara Provoactive suatu acara di Metro TV, saya jarang nonton acara itu, pernah sesekali tapi saya nggak mengikuti lagi. Saya baca entah ini benar tulisan dia atau tidak, entah benar apa yang dia tulis demikian faktanya entah tidak, tapi isinya membuat saya risih, yah bagaimana tidak, dia membawa-bawa nama Habib yang saya hormati, dan kemudian tulisannya dimuat dalam salah satu thread di Kaskus entah siapa yang meng-uploadnya, lalu begitu banyak komentar miring yang kemudian mencela habib tersebut. Ini linknya http://www.pandji.com/fpi/

Ini persis seperti berita di Gatrra tadi, saya sendiri tidak mengikuti kasus Habib H, tapi jika judul yang dibuat begitu, bagaimana pendapat orang yang tak mengenal Habib H dan tidak mengikuti Majlis? Kemungkinan akan timbul pertanyaan :
  • Oh, gila yah habib kok cabul? *ini saya dengar sendiri langsung dari salah satu tukang koran langganan saya.
  • Islam emang setuju poligami sih, tapi yah masa pedofil juga sih? * ini yang saya baca di komentar Kaskus tentang kasus ini.
  • Pake bawa-bawa wali, tapi kok pedofil? Emang ulama gak ada yang bener sekarang, rata-rata bayaran politik semua.. *ini juga dari komentar di Kaskus.
  • dll.
Pendapat saya:

Saya memang bukan anggota Majlis Taklim dan Dzikir tersebut, tapi saya sebagai orang Islam terbakar emosinya ketika ada satu pimpinan Majlis yang dihina tersebut, padahal kasusnya saja belum jelas, belum terbukti kebenarannya. Saya jadi membenci orang yang menulis hal jelek tersebut, rasanya ingin saya bakar orang ini.

Begitu pun orang yang membaca tulisan pembaca acara tersebut, ketika sudah membacanya timbul komentar :
  • tulisan yg bagus gan, bs merubah pandangan saya tentang FPI.trs terang saja saya dulu simpati dgn FPI tp setelah tau klo FPI berkata miring terhadap GUS DUR saya jadi berubah pandangan.APAKAH YG MERENDAHKAN GUS DUR ITU MERASA LEBIH BAIK DARI GUS DUR!SAYA JUGA TDK SUKA DGN PERNYATAAN KLO BKN PENDUKUNG FPI BERARTI BKN MUSLIM!UCAPAN ITU OTOMATIS MENGKAFIRKAN YG BKN PENDUKUNG FPI BBERARTI MEREKA MENGKLAIM SEMUANYA KAFIR. HANYA FPI YG ISLAM.MOHON MAAF KLO MENURUT SAYA YG CM ORG AWAM ITU ADALAH PERNYATAAN BODOH *ini dari Kaskus*
  • bagusnya FPI itu diberantas aja dari bumi Indonesia yang tercinta ini....
  • Dari mana uang FPI? Dari orderan banyak sekali pihak.Adik saya kerja di event organizer, dia mengaku pernah mau digerebek FPI lalu FPInya dikasi uang. Niat FPI menggerebek langsung hilang. Ngga jadi.
Pendapat saya :

Saya bukan anggota FPI, tapi ketika Gusdur dihina oleh Habib S rasanya darah saya mendidih, saya juga bukan NU, tapi Gusdur adalah salah satu tokoh yang saya kagumi, kalau begini simpati saya terhadap FPI luntur seketika.

See?

Benarkan yang saya bilang di atas tadi, orang Indonesia mudah sekali dipancing jika sudah bersinggungan soal agama dan keyakinan seperti pendapat saya di atas, pendapat saat baru membaca berita tersebut tanpa penelahaan lebih jauh. Padahal, saya belum memeriksa secara jauh, benarkah tulisan-tulisan itu memuat fakta? Benarkah Habib H memang menodai anak di bawah umur? Benarkah Habib S menghina Gusdur dan mencap orang yang tak mendukung FPI bukan orang Islam? Benarkah benarkah mereka menulis kenyataaan yang ada?

Jadi, apakah anda orang yang mudah terpancing atau tidak?

Daritadi serius mulu, mending kita nyanyi..

Bagikan:

4 komentar

  1. JIANBIN1205
    http://www.louisvuittonoutlet-stores.us.com
    http://www.bootsugg.org.uk
    http://www.coachoutletclearance.us.com
    http://www.michaelkorsfactoryoutletonline.in.net
    http://www.thenorth-facejacket.us.com
    http://www.northface.org.uk
    http://www.jordan-pascher.fr
    http://www.cheap-snapbacks.us.com
    http://www.beats-headphones.in.net
    http://www.nikeairforce1.fr
    http://www.cheapmlbjerseys.net
    http://www.rolexwatchesforsale.in.net
    http://www.michaelkorsfactoryoutlet.us.com
    http://www.thenorth-facejackets.us.com
    http://www.michaelkorsoutlet-clearance.us.org
    http://www.mont-blancpens.com.co
    http://www.ghdstraighteners.org.uk
    http://www.cartier.us.com
    http://www.nikerosherun.me.uk
    http://www.salomonshoes.us.com
    http://www.canadagooseoutletonline.us.com
    http://www.swarovski.in.net
    http://www.nhl-jerseyswholesale.us.com
    http://www.adidasyeezyboost350.us.com
    http://www.coachoutletonline-factory.us.com
    http://www.suprashoes.us.com
    http://www.pandorajewelryoutlet.us.com
    http://www.nikefree5.us
    http://www.coachoutletonlinestore.eu.com

    BalasHapus