Accross the Universe

Jujur, gue nggak pernah dengar lagu ini sebelumnya, dan bahkan menulis ini pun gue nggak dengar lagu dari the Beatles ini. Gue hanya melihat liriknya dari blog YUDI, karena saat gue menulis ini hati gue lagi galau tingkat kecamatan. Rasanya ingin seperti Cinta, berlari ke pantai, ke hutan, mecahin gelas dan makin galau.

Ada satu peristiwa yang buat nggak enak hati belakangan ini, dan puncaknya adalah pagi ini. Tapi seperti biasa, gue nggak bisa berkata apa-apa. Hanya bisa diam, diam dan kemudian diam lagi. Boro-boro ngeluarin uneg-uneg, yang ada hanya ngedumel nggak jelas apa yang didumelin. Apa yang keluar berbeda dengan isi hati yang sesungguhnya. Yah, mungkin emang gue tipe yang susah curhat..

Lalu dengan iseng, lirik itu gue terjemahin dari google translate, yah karena gue nggak jago bahasa inggris. Kira-kira begini hasil terjemahannya :

Kata-kata mengalir keluar seperti
Hujan tanpa henti ke cangkir kertas
Mereka meluncur liar karena mereka menyelinap pergi di alam semesta.
Kolam gelombang kesedihan sukacita
Apakah melintas dalam benakku dibuka
Memiliki dan membelai saya.

Jai Guru Deva. om
Tidak ada yang akan mengubah dunia saya

Gambar cahaya rusak, yang
Menari di hadapan saya seperti sejuta mata,
Mereka menelepon saya dan di seluruh alam semesta.
Pikiran berliku-liku seperti
Gelisah angin di dalam kotak surat
Mereka jatuh secara membabi-buta karena mereka membuat jalan mereka di seluruh alam semesta.

Jai Guru Deva. om
Tidak ada yang akan mengubah dunia saya

Suara tawa, nuansa kehidupan
Apakah dering di telinga saya membuka
Menghasut dan mengundang saya.
Limitless abadi cinta, yang
Bersinar di sekitar saya seperti satu juta matahari,
Ini panggilan saya di dan di seluruh alam semesta

Jai Guru Deva.
Tidak ada yang akan mengubah dunia saya

Gue jadi mikir. Siapa itu Jai Guru Deva? Atau apa? Kok kayak bahasa Sansekerta gitu? Maksudnya apaan om John Lennon si pengarang lagu buat lirik masukin Jai Guru Deva? Mungkinkah iseng? Atau ada makna tertentu seperti lagu Imagine lagu the Beatles lainnya.
 
Lalu gue googling, rasa penasaran muncul begitu aja. Yah orang kan buat lirik nggak akan asal buat lirik aja tanpa makna. Kalau orang buat lirik tanpa makna bisa aja si Ariel Peterpan saat dia lagi boker lalu buat lirik lagu ada suara ngeden nya gitu...

Menurut mbah google sih :
  • Jai Guru Deva adalah bahasa Sanskerta, artinya Praise to The Teacher, Sembah untuk Guru. Mungkin di sini dimaksudkan bahwa Guru, dalam kepercayaan daerah Asia Selatan, adalah orang yang paling dekat dengan Tuhan, yang menciptakan alam semesta alias Universe. Lalu apa itu Om? Om adalah bunyi yang tercipta ketika Tuhan menciptakan alam semesta ini. 
  • Secara harfiah itu mendekati sebagai "kemuliaan kepada remover bersinar dari kegelapan," dan dapat dirumuskan sebagai "Kemenangan kepada Allah ilahi", "Salam untuk guru ilahi", atau frase yang umum dipanggil oleh akhir Maharishi Mahesh Yogi dalam merujuk kepada guru spiritualnya "Semua Kemuliaan kepada Guru Dev."
Ooh, begitu. Kini gue sedikit banyak tahu artinya. Hmmm.. Ya konon menurut sejarahnya si om John Lennon saat buat lagu ini doi lagi di India, dan terinspirasi dari puja puji umat Hindhu yang terdengar saat doi bangun pagi, dan menurut majalah Rolling Stone saat doi di interview, lagu ini adalah lagu terbaik yang pernah doi buat. Mantap masbro..

Ih, jadi kepingin buat lirik juga..
Rasanya saya ingin pergi jauh
Berlari sejauh mungkin
Jangan hentikan pelarian saya
Biarlah saya lari dari masalah
Biar saya tahu bahwa itu salah
Bukan saya tak ingin menyelesaikannya
Hanya saja saya lelah
Merasa sakit di hati ini
Lalu hanya mampu duduk terdiam tanpa berbuat apa apa
Tak ada yang mengerti
Mungkin mereka hanya bisa bilang sabar dan hadapi
Tapi saya tak mampu menyelesaikannya
Biarlah saya menyerah sementara waktu
Sampai ada pertolongan dari Tuhan
Sampai malaikat membisikkan
Biarlah, biarlah
Cemburu ini membakar hatiku



Ini lirik lagu apa syair yah.. Yah harap maklumlah, namanya juga dibuat saat lagi galau. Kalau nggak nyambung dan nggak jelas ya dimengerti saja lah :P :P




Bagikan:

5 komentar

  1. woowww....salah satu efek dari galau, biasa bikin orang jadi kreatif berkata-kata..bergalau-galau ria.. hahaha

    BalasHapus
  2. Manusia yg patah hati cenderung lebih kreatif daripada manusia yg sedang jatuh cinta. kenapa? Krn jatuh cinta adalah sebuah awal. sedangkan patah hari adalah awal dari kelanjutan jatuh cinta. alias satu step di depan perasaan jatuh cinta. Patah hati adalah sebuah konklusi (kesimpulan) dari hipotesis jatuh cinta.. hmmm..

    gw jadi ikut melantur. wekkekekek.. Jai guru deva. om... :D

    BalasHapus
  3. aaaahhh kalo gitu gue mau patah hati aja terus biar bisa kreatip terus
    *knock on wood

    btw jai guru deva om itu gue pikir kata2 yang kucu diucapkan buat Yoga loh. ternyata beda tipis ya ama dugaan gue, emang dari india sana ya

    BalasHapus
  4. wah gambarnya gif ya??

    btw bener apa kata kakak2 di atas, kalo galau kita juga jadi sensitif, dan mikir satu langkah lebih dalem dari sebelumnya ... so galaulah hehe, eh engga harus deng

    BalasHapus
  5. Mhimi n Tebeh : Hidup galau..

    sepakat kata mbak Nina..

    Yudi : Gubraaaaaaks..

    BalasHapus