Bertengkar dengan pasangan? Ini tipsnya !!

Akhirnya.. Saya menikah.. Syukur alhamdulillah pada tanggal 25 Februari 2011 lalu saya telah melangsungkan pernikahan. Walau dengan jalan berliku, pernikahan itu berlangsung dengan lancar dan khidmat. Begitu banyak iringan doa dan ucapan selamat dari keluarga, teman dekat dan para sahabat. Terima kasih semuanya.

Dan sekarang, saya positif hamil. Semoga kehamilan ini dapat berjalan lancar, tak ada halangan berarti, dan dapat lahir dengan sehat dan selamat tanpa cacat.


Beberapa waktu lalu saya menerima sebuah curhatan, dari teman angkatan saya. Dia adalah seorang pria, yang sedang mengeluhkan tentang cobaan dalam rumah tangganya. Saya memang pernah gagal dalam pernikahan, dan dari situlah saya banyak belajar. Dan saya mencoba memberi beberapa tips untuk teman saya ini agar mampu mengatasi masalah dalam rumah tangganya, berikut adalah beberapa tips saya semoga bisa dipakai oleh para pembaca yang sedang mengalami hal yang sama :

1. Jika sedang bertengkar dengan pasangan, cukup tarik napas tahan napas dan hembuskan napas sembari mengucapkan mohon ampun kepada Tuhan. Dalam Islam bisa sembari istighfar.

2. Setelah itu katakan pada pasangan yang sedang meracau marah-marah, STOP sayang, aku cinta kamu aku tak ingin bertengkar lagi. Tolong beri waktu untuk kita saling menenangkan diri. Tentu katakan dengan penuh kelembutan. Dan hindarilah bertengkar di depan anak. Anak ibarat kertas putih, dia akan mencontoh orang tuanya. Dan juga jangan di depan orang lain sekali pun itu orang tua sendiri.

3. Setelah itu, pergilah berdoa. Habiskan beberapa waktu untuk berdoa, tenangkan diri dalam kamar sendirian, atau dalam ruangan tertentu di dalam rumah, tenangkan hati serahkan segala persoalan kepada Tuhan, mohon petunjuk Nya agar mendapat solusi terbaik. Dan sarankan pada pasangan melakukan hal yang sama.

4. Setelah selesai, ajak berbicara pelan-pelan, jika pasangan masih emosi, ajak dia beribadah bersama-sama. Tanyakan atas segala pertanyaan di pikiran kepada Tuhan, tumpahkan segala gundah kepada Tuhan, mulailah berkomunikasi dengan Sang Pencipta, karena hanya Dia lah yang mampu memberi solusi terbaik untuk kita.

5. Jangan mengira-ngira apa yang ada dalam isi pikiran pasangan, apalagi berburuk sangka. Cobalah berpikir positif, tanyakan langsung padanya apa maksudnya dan minta penjelasan dengan cara yang tenang, tanpa nada bentak, tanpa nada tinggi apalagi emosi. Katakan saja kita tak mengerti dan butuh penjelasan, daripada kita berusaha menerka-nerka yang ada malah hasutan syetan yang menggoda agar kita berburuk sangka padanya.

6. Dalam pertengkaran, tak ada kalah tak menang, itu bukan pertandingan yang kita tanpa sadari ingin menang lalu mencari pembenaran, merasa benar lalu mencari cara agar kita tampil sebagai pemenang. Cukup mengalah saja, mengalahlah dengan bijak, agar pasangan yang tadinya ingin tampil sebagai pemenang dia akan berpikir ulang, mengapa saya malah seperti bertanding dengan pasangan saya sendiri...

7. Jika sudah berbaikan kembali, sebaiknya saling memaafkan, meminta maaf duluan tidak ada salahnya. Peluklah dia, katakanlah betapa kamu mencintainya, dan jangan mengungkit kembali masalah yang telah lalu dikemudian hari, dan sering-seringlah beribadah bersama. Ajak pasangan ke majlis-majlis untuk pengajian, shalawatan dan mendengar tausyiah (jika Islam), atau ajak ke gereja, vihara, atau pura. Intinya melakukan ibadah bersama sesering mungkin.

Semoga bermanfaat sharing ini. Jika ada yang ingin menambahkan, silahkan :)

Bagikan:

4 komentar