Jangan Deb, itu HARAM !!

Sudah kesekian kalinya saya mengalami hal ini, tapi saya tidak lelah untuk tetap bertahan. Punggung saya sakit lagi, dan saya tetap akan menjalani terapi, tanpa operasi. Semua karena biaya yang begitu tinggi untuk menjalani operasi, dan saya tidak menyanggupinya. Beberapa minggu lalu saya pergi ke dokter dan menjalani berbagai pemeriksaan punggung, vonis dokter masih tetap sama, skoliosis.


Semangat saya tidak padam untuk tetap menjalani berbagai pengobatan. Tentu saja saya mencari yang sesuai dengan anggaran saya, lalu salah satu teman saya yang juga skoliosis menyarankan agar saya ikut yoga pilates. Suatu senam yang ringan yang bisa memperingan sakit di punggung saya.


Tapi tiba-tiba, teman saya yang tergabung dalam salah satu majelis agama mengatakan bahwa yoga itu haram dalam Islam. Tentu saja saya terkejut, mengapa harus diharamkan? Itu kan olah raga. Jika memang memakai mantra seperti yang ada di India tentu saja saya tidak akan menyebutkan mantranya, saya hanya akan melakukan gerak tubuhnya saja.


Tapi teman saya seperti 'ngotot', dia bilang tetap haram dengan menyebutkan beberapa kata dalam bahasa Arab yang dia bilang itu dari salah satu ayat di Al Qur'an. Hati saya jadi gemas dan segera ingin membuka Al Qur'an, saya minta dia menyebutkan surat dan ayat berapa, tapi yang dia jawab adalah LUPA.


Saya langsung menggerutu. Bagaimana bisa dia menyebutkan surat suci tapi lupa surat dan ayat berapa dia mengutipnya.


Ya sudahlah, saya tidak mau perpanjang bahasan itu lagi dengannya. Biarlah dia sibuk dengan kutipan-kutipannya, saya juga sibuk dengan urusan saya. Saya meminta dia untuk membiarkan saya melakukan perbuatan yang dia bilang haram itu dan tak usah mengurusi saya yang katanya banyak dosa ini. Biarlah, bagi saya Tuha Maha Tahu, Tuhan Maha Mengerti. Saya percaya Tuhan Maha Penyayang. Semua semata-mata karena saya ingin sembuh dari skoliosis saya.


My status on Facebook today :


Yoga is one way to relieve back pain, so I wanted to learn yoga. But my friend said, yoga is forbidden in Islam, I don't know why and I don't know where he quoted it, perhaps from one of the surah in the Al Qur'an or from one of the Al Hadith. But I don't think about it, I just want to heal my scoliosis.



--



Bagikan:

2 komentar

  1. Kambuh lg ya sakitnya, Ndut?
    Semangat ya, Ndut :-)
    Nggak usah dipikirin kata orang, nggak penting, cm nggerogotin pikiran aja

    BalasHapus