Kartini's Day

Hari ini hari Kartini. Sebenarnya apa sih yang di rayakan pada Hari Kartini itu?


pertama-tama, sekilas dari R.A Kartini

Raden Adjeng Kartini adalah seseorang dari kalangan priyayi atau kelas bangsawan Jawa, putri Raden Mas Adipati Ario Sosroningrat, bupati Jepara. Ia adalah putri dari istri pertama, tetapi bukan istri utama. Ibunya bernama M.A. Ngasirah, putri dari Nyai Haji Siti Aminah dan Kyai Haji Madirono, seorang guru agama di Telukawur, Jepara.

Ayah Kartini pada mulanya adalah seorang wedana di Mayong. Peraturan kolonial waktu itu mengharuskan seorang bupati beristerikan seorang bangsawan. Karena M.A. Ngasirah bukanlah bangsawan tinggi, maka ayahnya menikah lagi dengan Raden Adjeng Woerjan (Moerjam), keturunan langsung Raja Madura. Setelah perkawinan itu, maka ayah Kartini diangkat menjadi bupati di Jepara menggantikan kedudukan ayah kandung R.A. Woerjan, R.A.A. Tjitrowikromo.

Kartini banyak menciptakan buku dan surat, salah satu karyanya yang terkenal adalah Habis Gelap Terbitlah Terang.

Pesan Kartini banyak mengungkapkan tentang politik, budaya, perjuangan kaum perempuan dimana pada masa nya perempuan tidak mempunyai hak-hak seperti sekarang ini. Dan karena perjuangan Kartini inilah yang menyebabkan perempuan dapat diakui hak-haknya hingga saat ini.

Karena jasa Kartini yang begitu banyak, pemerintah Indonesia menetapkan hari lahirnya sebagai Hari Kartini. Agar kita perempuan Indonesia dapat memahami bahwa perempuan juga harus maju dan tidak kalah oleh laki-laki.

Hari Kartini dirayakan tidak hanya sekedar memakai kebaya pada anak-anak perempuan yang masih duduk dibangku sekolah. Peringatan seharusnya dirayakan oleh semua perempuan Indonesia baik tua maupun muda. Peringatanpun tidak harus selalu dirayakan dengan mengenakan kebaya sebagai lambang Kartini. Tapi lebih ke semangat dan prinsip hidup seperti Kartini.

Sebenarnya merayakannya juga tidak hanya hari ini, tapi hari ini hanya untuk sebagai peringatan dan pengingat untuk kita.

Semoga perjuangan Kartini dapat menjadi penggugah semangat bagi kaum perempuan Indonesia agar selalu bangkit dari pengkebirian hak-haknya.

Ayo bangkit perempuan Indonesia.

Semangat !

Bagikan:

0 komentar